Seminar PT Trakindo Utama di Universitas Mikroskil Bahas Wawasan Karier dan Tips Pencarian Kerja

Universitas Mikroskil > Berita Umum > Seminar PT Trakindo Utama di Universitas Mikroskil Bahas Wawasan Karier dan Tips Pencarian Kerja

PT Trakindo Utama berkolaborasi dengan Universitas Mikroskil menyelenggarakan seminar informatif dengan tema “What’s Next After Graduation: How to Prepare Yourself for post-graduate job searching” bagi mahasiswa tentang langkah-langkah persiapan mencari pekerjaan setelah lulus kuliah.

Dalam seminar ini, dua pembicara dari Trakindo Utama, yakni Anderson Sihombing, Kepala Cabang Trakindo Medan, dan Reni Mailinar Vidyasiwi Azhar, Manager HR Area Trakindo Sumatra Utara, turut berperan sebagai narasumber.

Anderson Sihombing, memulai sesi dengan membahas profil perusahaan dan pengalaman pribadinya selama bekerja di Trakindo. “Trakindo merupakan perusahaan alat berat yang telah beroperasi sejak tahun 1970, dengan lebih dari 75 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Ia juga menekankan visi Trakindo Utama untuk menjadi penyedia solusi alat berat kelas dunia dengan visi “To be the world class provider of caterpillar equipment solution”.

“Kami memiliki visi menjadi perusahaan sektor alat berat terkemuka secara global. Kerjasama kami dengan perusahaan terkemuka seperti Pertamina hingga Freeport,” tambahnya.

Ia memberikan gambaran yang jelas tentang perjalanan karier yang membawanya menjadi Kepala Cabang Trakindo Utama di Kota Medan. Ia menyoroti perbedaan perspektif antara  sales di Trakindo Utama dengan sales pada umumnya.

“Penjualan alat berat, nilai closing-nya bisa hingga 16 miliar, pendekatan kami nggak hanya sekadar closing penjualan, tetapi berperan sebagai konsultan,” paparnya.

“Kami berusaha memahami permasalahan pelanggan dan menawarkan solusi yang tepat, inilah perbedaannya,” lanjutnya. Ia menyoroti bahwa menjadi seorang sales dan agen penjualan di Trakindo Utama membutuhkan kesiapan untuk menjadi konsultan kelas dunia dengan pengetahuan dan pengalaman lapangan yang memadai.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab singkat dengan hadiah menarik bagi mahasiswa. Kemudian, Reni Mailinar Vidyasiwi Azhar melanjutkan dengan membawakan materi mengenai job seeking cycle, membahas tahapan-tahapan yang diperlukan dalam mencari pekerjaan pasca lulus kuliah. Ini termasuk persiapan pencarian kerja, pencarian posisi yang sesuai, pengajuan aplikasi, hingga wawancara.