Pengaruh Digital Marketing, Brand Ambassador, Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Whitelab Pada Pengguna Whitelab Kota Medan

Jesseline Putriana Winkok, William William, Sherly Joe

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Digital Marketing, Brand Ambassador dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Whitelab pada pengguna Whitelab di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling, menggunakan metode nonprobability sampling dan menggunakan rumus lemeshow dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda. Pengujian secara parsial (Uji t) menunjukan bahwa variabel independen Digital Marketing dan Brand Image berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Whitelab pada pengguna Whitelab di Kota Medan, sedangkan variabel Brand Ambassador tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Whitelab pada pengguna Whitelab di Kota Medan. Hasil secara simultan (Uji F) yang menunjjukan bahwa ketiga variabel independent (Digital Marketing, Brand Ambassador Dan Brand Image) berpengaruh terhadap variabel dependen (Keputusan Pembelian) Nilai Adjusted  yang diperoleh sebesar 56% dan sisanya 38% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Digital Marketing, Brand Ambassador, Brand Image, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


A. F. (2019). Pemasaran Produk dan Merek. Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media .

Aini, N. Q., Nursanti, S., & Oxcygentri, O. (2021). Pengaruh Choi Siwon Pada Iklan Mie Sedap Korean Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Generasi Z. Jurnal Lugas, Vol.5, No.1, pp. 31-41. doi:https://doi.org/10.31334/lugas.v5i1.1555

Amin, A. M., & Yanti, R. F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. Invest : jurnal inovasi bisnis dan akuntansi, Volume 2, No 1, Halaman 1-14. doi:https://doi.org/10.55583/invest.v2i1.111

Chakti, A. G. (2019). The Book Of Digital Marketing. Makasar: Celebes Media Perkasa

Ekasari , R., & Mandasari , E. D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Digital Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lipcream Pixy di Kabupaten Sidoarjo. e-journal.umaha, Volume 4, No 1. doi:http://dx.doi.org/10.51804/iej.v4i1.1583

Fahdli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk dan Emosional Terhadap Keputusan Konsumen Poskopi ZIO Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.2 No.2. doi:https://doi.org/10.47492/jip.v2i2.684

Fasha, A. F., Robi, M. R., & Windasari , S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli : Brand Ambassador dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). JMPIS, Volume 3, Issue 1. doi:https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840

Ghozali, & Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Indonesia, w. (2021, December 10). beauty award of whitelab 2021. Retrieved from www.instagram.com: https://instagram.com/whitelab_id?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kolinug, M. S., Mananeke, L., & Tampenawas, J. L. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Revlon (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA, Vol. 10, No. 3, Hal. 101-111. doi:https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41293

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip pemasaran, vol.12, no.01. Jakarta : erlangga.

Lindawati , S., Hendri, M., & Hutahaen, J. (2020). Pemasaran Digital. Yayasan Kita Menulis .

Lombok, ,. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA, Vol.10 No.3. doi:https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43524

Mamang, E., Sopiah, & Sangadji. (2017). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV. Andi Offset .

Nur Arif, S. S., & Euis, S. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening di Kota Semarang. YUME. doi:https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.1434

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, Priskila, R., & Adidyana Anugrah Putra, P. B. (2019). Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman. Jurnal Sains dan Informatika, Vol 5, No 5. doi:https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: Pustaka Setia .

Puspitasari , D. (2021). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Pusar Kurikulum dan Perbukuan Balibang Kemendikbudristek.

Putri, T., Marwan, M., & Rahmadani, R. (2018). Pengaruh Brand Image dan Perceived Quality terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik La Tulipe Di Kota Padang. Jurnal Ecogen, Volume 1, Nomor 4. doi:http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5651

Ramadhanty , G. P. (2020, Juli 24). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Rada Penggemar Boyband EXO sebagai Brand Ambassador Nature Republic) . Retrieved from digilib.uin-suka.ac.id: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39808/1/16730063_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Royan, F. M. (2005). Marketing Celebrities. Jakarta: PT. Elex Media Koputindo.

Sagia, A., & Situmorang, S. H. (2018). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality dan Korean Wave Terhadap Keputusan Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, Vol.5, Nomor 2. doi:https://doi.org/10.31843/jmbi.v5i2.168

Saputra, G. W., & Ardani, I. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol.9, No. 7. doi:https://dx.doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i07.p07

Setyawan, D. A. (2021 ). Hipotesis dan Variabel Penelitian. Klaten, Jawa Tengah: CV. Tahta Media Group.

Shimp, A. T. (2010). Advertising, Promotion & other Aspects of Integrated Marketing Communication. United States : Cengage Learning. United States: Cengage Learning.

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana.

Siregar, S. G., & Simanjuntak, J. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitehing Pada Media Sosial Instagram. Scienta Journal, Vol 3, No 3. Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/scientia_journal/article/view/2975/1790

Sitorus, S. A., Gheta, A. P., Anisah, H. U., Fitrianna, H., Sherly , Umiyati, H., . . . Nainggolan, N. T. (2022). Digital Marketing Strategy : Online Marketing Approach. Bandung: Media Sains Indonesia.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Sunyoto, D. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service (CAPS).

Supangkat, A. H. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas Di Intako. Jurnal Ilmu dan Riset Mahasiswa, Volume 6, Nomor 9. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/1103

Supardi, S., & Surahman. (2014). Metodologi Penelitian. Jakarta Timur: CV. Trans Info Media.

Syana . S, A. B. (2019, Mei 14). Beauty 4.0, evolusi baru dunia kecantikan. Retrieved from marketers.com: https://www.marketeers.com/beauty-4-0-evolusi-baru-dunia-kecantikan

Varley, R., Roncha, A., Natascha , T. R., & Gee, L. (2019). Fashion Management. UK: Macmillan Education UK.

Wati, A. P., Martha, J. A., & A. I. (2019). Digital Marketing. Malang: Edulitera.

Yulianti, F., Lamsah , & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran . Yogyakarta : Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v13i2.1016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)