Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pengunjung Stadion Mandala Krida Yogyakarta

Erika S, Apren Halomoan Hutasoit, Tya Wildana Hapsari Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen produk Pocari Sweat pada Pengunjung Stadion Mandala Krida Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability Sampling metode Purposive Sampling dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online menggunakan google form terhadap 384 responden yang telah memenuhi kriteria dalam mengonsumsi Pocari Sweat.Teknik analisis data dengan bantuan software SPSS. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Asumsi Klasik dan Analisis Linear Berganda dengan hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel Harga dan Promosi berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk berpengaruh Negatif  signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dan Citra Merek tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen Produk Pocari Sweat Pada Pengunjung Stadion Mandala Krida Yogayakarta. Selanjutnya hasil secara simultan menunjukkan bahwa variabel Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Nilai Adjusted R Square menunjukkan bahwa variabel Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, dan Promosi dapat menjelaskan variasi terhadap variabel Kepuasan Konsumen sebesar 12% dan sisanya 88% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian.


Keywords


Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, Promosi, Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Agung, R. (2020). Analisis Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Usaha Cv. Saporito Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Analisis Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Usaha Cv. Saporito Pekanbaru.

Agusti, I. S., & Verano, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Kfcarjuna Medan Perjuangan). Niagawan, 11(1), 37.

Andini. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keberlangsungan Usaha. Universitas Internasional Batam UIB Repository, 5–24.

Anwar S.M Suhardi, Nillasari, & Duriani. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Mitra Bangunan Di Kecamatan Bua,Kabupaten Luwu.

Asy’ari, A. H. (2018). Pengaruh Distribusi, Layanan Purna Jual, Citra Merek Dan Fanatisme Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Mobil Merek Toyota Di Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 4(3), 377–390.

Dianah, N., & Welsa, H. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa). Jurnal Manajemen, 7(1), 16–26.

Dita. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen.

Dwi A, E. (2019). Jurnal Manajemen Pemasaran. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Enggal, T. W., Bukhori, M., & Sudaryanti, D. (2019). Analisa Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Baju Di Beberapa Departement Store Di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(2), 61–70.

Fadilla, F. N. (2022). PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN TELKOM SPEEDY DI KOTA SEMARANG. PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN TELKOM SPEEDY DI KOTA SEMARANG, 10(1), 1–52.

Fakhri. (2021). Metode Penelitian Purposive Sampling. 2021, 32–41.

Fandy Tjiptono. (2019). Pengertian Kepuasan Menurut Lovelock Dan Wirtz Dikutip Oleh Fandy Tjiptono. Universitas Muhammadiyah Magelang, 64.

Habibullah, A., & Sugiyono. (2021). Analisa Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pocari Sweat Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen,

Hermawan. (2019). METODOLOGI PENELITIAN. 24–40.

Jargalsaikhan, B. E., Ganbaatar, N., Urtnasan, M., Uranbileg, N., Begzsuren, D., Patil, K. R., Mahajan, U. B., Unger, B. S., Goyal, S. N., Belemkar, S., Surana, S. J., Ojha, S., Patil, C. R., Mansouri, M. T., Hemmati, A. A., Naghizadeh, B., Mard, S. A., Rezaie, A., Ghorbanzadeh, B., … Yuanita, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Pop Di Bandar Lampung. Molecules, 9(1), 148–162.

Kamsiani. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Pada Cv Nirwana Printing Di Samarinda. Ekonomia, 6(1), 36–43.

Kumara, D., Putranto, A. T., & Syahria, S. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Masakan Jepang En Dining. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1), 57–68.

Kusumawati, N. A. (2021). “PENGARUH IMPORTANCE LOCATION, STORE ATMOSPHERE, DAN PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN DI DISTRO DIVINE CLOTH PONOROGO” (Studi Kasus Pada Pelanggan Distro Divine Cloth Ponorogo). 4(1), 1–23.

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi Pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83.

Mila Camelia, B. H. (2021). Citra Merek Dan Promosi Teradap Kepuasan Konsumen. 15(2), 186–203.

Nugroho, F. A., & Yuniarinto, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Internet Telkomsel ( Studi Pada Masyarakat Di Kabupaten Kediri ). Ekonomi Dan Manajemen, 1(1).

Patel. (2019). Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. 9–25.

Rachman, T. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Membeli Mobil Suzuki Ertiga. Fakultas Ekonomi, 6(11), 10–27.

Rendra Alfian Ardiansyah, & Tony Susilo Wibowo. (2020). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Susu Indomilk Di Kecamatan Wonokromo Surabaya. Journal Of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 1(1), 338–346.

Royan, N. (2019). Bab 1: Pendahuluan. Profil Kesehatan Kab.Semarang, 41, 1–9.

Saputra, S., & Yulistianis, S. R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Grand Setiabudi Hotel& Apartment. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 9(2), 21–31.

Savitri, I. A. P. D., & Wardana, I. M. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5748.




DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v13i2.1028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)