Analisis Brand Image dalam Memediasi Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli pada Produk Bubble Tea Chatime

Mbayak Ginting, Sherly Joe, Indah Meilinia Simanjuntak

Abstract


Penelitian ini ingin membuktikan apakah brand image dapat memediasi pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap minat beli. Hal ini sehubungan adanya hasil penelitian yang membuktikan bahwa brand image tidak memberi pengaruh terhadap minat beli sehingga dapat diduga brand image bukan sebagai variabel bebas. Penelitian dilakukan dengan studi kasus pada mahasiswa yang merupakan calon konsumen yang potensial. Penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif dengan metode analisis menggunakan OLS (ordinary least square) dengan regresi linier berganda dan path analysis. Jawaban responden mengatakan promosi, kualitas produk, brand image dan minat beli sudah baik yaitu dengan jawaban rata-rata setuju. Hasil pengujian hipotesis menunjukakan bahwa brand image tidak memediasi pengaruh promosi terhadap minat beli mahasiswa. Demikian juga brand image tidak mempengaruhi hubungan (memediasi)  kualitas produk dengan minat beli mahasiswa pada produk Chatime. Namun ketiga variabel tersebut berfungsi sebagai variabel bebas dengan total pengaruh secara simultan sebesar 86,7%, dan hanya 13,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Secara parsial ketiga variabel tersebut juga berpengaruh signifikan dengan pengaruh terbesar adalah oleh variabel promosi.


Keywords


Brand Image; Promosi; Kualitas Produk; Mediasi; Minat Beli

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Akbar, A. S., Destika, Syafitri, N., Khasanah, S., & Alparisin, M. R. (2021, Juni). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Pada Konsumen MCDonal's Lampung. Jurnal Ekobis Dewantara, 4(2), 59-68.

Ambarwati, M., Sunarti, & Mawardii, M. K. (2015, Agustus ). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), vol. 25 No.1.

Firmansyah, Anang. (2019). Pemasaran Produk dan Merek. Surabaya: Qiara Media.

Fransiska, A., & Seminari, N. K. (2018, Mei). Peran Citra Merek dalam Memediasi Pengaruh Daya Tarik Iklan terhadap Niat Beli Honda PCX 150. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.

Gozali, A. (2013). Teori dan Praktik Pemasaran Barang dan Jasa. Jakarta Timur: CV Rizky Aditya.

Handani, Rizky Prasetya. (2019). Diinginkan Khusus Calon Pengusahan Sukses. Bandung: One Peach Media.

Kotler, Philip; Amstrong, Gary. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Latief, A. (2018, Mei). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir Di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1).

Nasrullah, Zaim Soleh; Tresnati, Ratih. (2019). Pengaruh Citra merek dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada Pelanggan Dipresso Coffee Shop Bandung. Prosiding Manajemen, 5, No.2.

Noor, Z. Z. (2021). Manajemen Pemasaran Stratejik. Deepublish.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2017). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Siswoyo, S. P. (2018, Februari). Dampak Kualitas Produk, Promosi dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Pelanggan Dalam Usaha Sambal. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(6).

Supangkat, Aditya Hangga; Supriyatin. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas di Intako. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Syahputro, Eko Nur. (2020). Melejitkan Pemasaran UMKM Melalui Media Sosial. Caremedia Communicaton.

Urban, G. L. (2004). Digital Marketing Strategy: Text and Cases. N.J.: Pearson Prentice Hall.

Wijaya , V. A., & Oktavianti, R. (2018, Desember). Pengaruh Brand Image E-Commerce terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Pada Pelanggan Tokopedia). Prologia, 2(2), 531 – 537.




DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v13i2.1045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)