Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Frozen Food Berdasarkan Kontribusi Brand Image, Harga dan Promosi (Studi Kasus pada Produk Frozen Food So Good)

Yelline Ciu, Mbayak Ginting, Purnaya Sari Tarigan

Abstract


Penting untuk mengetahui faktor apa yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam memutuskan pembelian. Terdapat tiga faktor atau variabel yang diteliti dalam penelitian ini yakni brand image, harga dan promosi yang secara teoritis merupakan variabel yang dipertimbangkan konsumen. Untuk itu dilakukan penelitian dengan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Sedangkan jumlah sampel ditentukan rumus lemeshow (p = 50% dan d = 8%) diperoleh sejumlah 150 sampal. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengumpulan data utama dilakukan dengan kuesioner skala likert. Adapun hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa brand image, harga, dan promosi masing-masing memberikan pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengaruh bersama atau secara simultan dari ketiga variabel tersebut cukup rendah yaitu 40,40% atau dengan perkataan lain, masih lebih banyak pengaruh faktor lain terhadap keputusan pembelian konsumen untuk membeli produk frozen food So Good.

 

 


Keywords


Kata kunci: brand image, harga, promosi, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Andrian, Indra, C., Jumawan, & Nursal, F. (2022). Perilaku Konsumen. Malang: Penerbit Rena Cipta Mandiri.

Chalil, R. D. et al. (2020). Brand, Islamic Branding, & Re-Branding (1st ed.). Depok: Rajawali Pers.

Ernawati, R., Dwi, B. A., & Argo, G. J. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663

Fakhrudin. Arif. (2021). Bauran Pemasaran. Sleman : Penerbit Deepublish.

Fathoraman, R. F., Ainun, M. B., Liyanto, L., & Minullah, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Market Place Di Shopee. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA, 8(2), 160–170.

Febriana, P. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Lazizaa Chicken And Pizza Di Jambangan Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1).

Firmansyah, A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.

Firmansyah, M. A. (2018). PERILAKU KONSUMEN. https://www.researchgate.net/publication/329587407

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN. Surabaya: Unitomo Press.

Junaedi, firman, R., Pribadi, S., Sofyana, A., Juliawati│i, L., Sumartana│, M., Dwi, N., Heni, A., Mahanani│arfiani, S., Fiyul│, Y., Ariyanto│okki, A., & Santoso, T. (2022). Manajemen Pemasaran (Implementasi Strategi Pemasaran di Era Society 5.0). Bojongsari: Eureka Media Aksara.

Keegan, W., & Green, M. (2017). Global Marketing (9th ed.). England: Pearson.

Kotler, P., & Gary Armstrong. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke. 9. Jakarta: Erlangga.

Nugraha, J. P. (2021). Teori Perilaku Konsumen. Bojong: PT. Nasya Expanding Management.

Riyoko, S. (2020). Dasar-dasar Pemasaran. Yogyakarta : CV. Markumi.

Satriadi, W. H. (2021). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru. .

Sirtis, A. M., & Tuti, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Azzam Frozen Food Di Pondok Ranggon. Marketgram Journal, 1(2), 156–172.

Sitorus. (2022). Brand Image dan Brand Awareness. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Sobari, I. S., & Farhah, A. M. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Frozen Food (Studi Kasus Produk Sosis Belfoods Pada Konsumen Di Gucci Frozen Food Cikarang). JAMBIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 3(4), 380–388.

Sucipto, E., & Fuad, T. M. (2020). ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOKOPEDIA DI JAKARTA. Jurnal Manajemen Pemasaran, 9(2).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sumarsid, & Setiabudi, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progres, 12(1).

Syarifudin. (2019). Citra Merek Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan “Kajian Terkait Pengaruh Pelayanan Hotel di Kabupaten Aceh Tengah.†Lhokseumawe: Unimal Press.

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta : Andi.

Wijaya, I., Agung, A. A. P., & Anggraini, N. P. N. (2020). Pengaruh Kualitas Makanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Roti Pada Colatto Pastry & Bakery Gianyar. Values, 1(3).

Winarso, W., & Mulyadi. (2022). Manajemen Pemasaran.

Wowor, C., Lumanuw, B., Ogi, I., Wowor, C. A., Lumanauw, B., Ogi, I. W., Manajemen, J., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2021). Pengaruh citra merek, harga dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian kopi janji jiwa di Kota Manado. Jurnal EMBA, 9(3), 1058–1068.

Yasa, I. P. G. S., Suartina, I. W., & Pratiwi, K. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(3), 459–472.

Yusuf, A. (2021). The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 472–481. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1629

Zahara, R., & Sembiring, N. (2020). EFFECT ON THE PROMOTION AND PRICE ON DECISION TO PURCHASE OF RAILWAY AIRPORT TRANSPORT TICKETS. Jurnal DIJDM, 1(2). https://doi.org/10.31933/DIJDBM




DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v14i1.1238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)