Pengaruh Citra Merek, Harga dan Iklan Terhadap Loyalitas Pelanggan Coca-Cola Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek, harga dan iklan terhadap loyalitas pelanggan Coca-Cola dengan keputusan pembelian sebagai variabel Intervening pada Kost Thamrin FoodCourt. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik penentuan sampel pada penelitian menggunakan Purposive Sampling dan jumlah sampel sebanyak 88. Setelah itu, analisis data dengan metode PLS-SEM dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek, harga dan iklan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kemudian harga,iklan dan keputusan pembelian berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Namun, citra merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Secara tidak langsung keputusan pembelian mampu memberikan pengaruh antara iklan terhadap loyalitas pelanggan. Namun, keputusan pembelian tidak mampu memberikan pengaruh antara citra merek dan harga terhadap loyalitas pelanggan. Hasil R-Square Adjusted 1 menghasilkan nilai sebesar 0,721 atau 72,1% yang dapat diartikan bahwa citra merek, harga dan iklan secara bersama-sama mempunyai kontribusi nyata dapat mengukur keputusan pembelian dengan baik dan sebesar 25,7% dapat dipengaruhi oleh variabel lain. Kemudian pada kolom R-Square Adjusted 2 menghasilkan nilai sebesar 0,752 atau 75,2% yang dapat diartikan bahwa citra merek, harga dan iklan secara bersama-sama mempunyai kontribusi nyata dapat mengukur keputusan pembelian dengan baik dan sebesar 26,9% dapat dipengaruhi oleh variabel lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Anggelina, R. T. (2021). Analisis Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian. Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 2(2). https://jurnal.umitra.ac.id/index.php/bej/article/view/771/642
Aninda, S. (2019). Pengaruh Iklan, Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Coca-Cola di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara (Doctoral Dissertation, Universitas Sumatera Utara). http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/13985
Arianto. (2021). Komunikasi Pemasaran: Konsep dan Aplikasi di Era Digital. Airlangga University Press.
Bancin, J. B. (2021). Citra Merek dan Word of Mouth. Jakad Media Publishing.
Chusniartiningsih, E., & Andjarwati, A. L. (2019). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepercayaan Merek sebagai Variabel Intervening. Jurnal Imu Manajemen, 7(1), 85-95. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/25149
Dadan Ramdhani, M. A. (2020). Akuntasi Biaya: (Konsep Dan Implementasi Di Industri Manufaktur). Yogyakarta: CV Markumi.
Dewi, K. K., Firdaus, M., & Sauqi, A. (2022). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Mayora Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. JMBI: Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika, 3(1),12-21. http://jurnal.itsm.ac.id/index.php/prodimanajemen/article/view/681/601
Diaz Pranita, E. T. (2022). Model Kreasi Bersama Pada Destinasi Wisata Bahari. Tangerang Selatan: Pascal Books.
Diwyarthi, N. D. (2022). Perilaku Konsumen. Sumatera Barat. Get Press.
Djuniardi, D. (2023). Manajemen Pemasaran : Teori Dan Praktik Menciptakan Loyalitas Pelanggan. Get Press Indonesia.
Estifaza, N. Y. (2023). Loyalitas Dan Kepuasaan Konsumen Lembaga Kursus Berdasarkan Promosi, Crm Dan Kepercayaan. Bali: CV. Intelektual Manifes Media.
Ghozali, I. (2020). Partial Least Square: Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris (2ns ed). . Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. . PT Inovasi Pratama Internasional.
I Gusti Ayu Agung Mitha Saritha Dian Ajnya, I. M. (2023). Brand Ambasador, Citra Merek, Dan Niat Beli : Konsep dan Aplikasi. . CV Pena Persada.
I Komang Wiramas Prayoga, N. N. (2023). Electronic Word Of Mouth, Brand Image, Dan Purchaes Intention : Konsep dan Studi Kasus Pada Calon Konsumen Kedai Kopi Fore Coffee. Jawa Tengah: CV Pena Persada.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasaan Pelanggan. Jawa Timur: Unitomo Press.
Januari Ayu Fridayani, S. E. (2023). Statistika Inferensial untuk Organisasi dan Bisnis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Kelvin Hendrata, P. N. (2021). Sistem Informasi Pemasaran Pada Masa Covid-19 Di Industri Otomotif. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Lailatus Sa’adah, S. I. (2021). Penerapan Customer Relationship Management Pada CV. Zam Zam. Lppm Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Liharman Saragih, L. F. (2023). Konsep Dasar Manajemen Pemasaran. Batam: Cendikia Mulia Mandiri.
Marta Widian Sari, M. H. (2023). Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Pariwisata Bahari Teori, Model dan Implementasi. CV. Gita Lentera.
Megananda, F., & Sanaji, S. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Sehat Dan Citra Merek Terhadap Preferensi Konsumen Minuman Rtd (Ready To Drink) Di Kalangan Mahasiswa Kampus U Nesa Ketintang (Case: Coca= Cola Zero Sugar & Teh Botol Sosro Tawar). Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1613-1622. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/15959/7442
Miko Andi Wardana, H. S. (2021). Penjualan dan Pemasaran. Denpasar: IPB Internasional Press.
Moh. Erfan Arif, R. A. (2021). Bisnis Waralaba. Universitas Brawijaya Press.
Muh, N. E. (2021). Akuntasi Lembaga dan Keuangan. Yogyakarta: Penerbit Andi (Anggota IKAPI).
Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Yonita, H. L. (2022). Analisis Persepsi Harga, Lokasi, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada UMKM SKCK (Stasiun Kuliner Canditunggal Kalitengah) Metode Structural Equation Modelling (SEM)-Partial Least. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 10(S1), 391-402. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/er/article/view/2018/1616
Muizzudin, M., & Kisty, S. A. (2020). Pengaruh sertifikasi halal, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian minuman Teh Botol Sosro (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Tinggi Islamic Village). Islaminomics: Journal of Islamic Economics, Business and Finance, 10(2), 137-151. https://ejournal.uca.ac.id/index.php/islaminomics/article/view/49/45
Mujito, H. M. (2023). Manajemen Pemasaran: Sebuah Pengantar Untuk Pemula. Jawa Barat: Edu Publisher.
Ni Made Widnyani, V. F. (2022). Syarat Cinta buat Go-Jek: Apa yang Membuat Orang Tetap Setia pada Go-Jek. Nilacakra.
Nutiar, H. (2022). The Secret of Library Marketing. Bppd Apwi.
Pandensolang, J. D., & Tawas, H. N. (2015). Pengaruh diferensiasi, kualitas produk dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian Coca-Cola pada PT. Bangun Wenang Beverges Company di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3). https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.10117
Poernomo, S. L. (2021). Hukum perlindungan konsumen pengguna rumah indekost di Kota Makassar. Nas Media Pustaka.
Putu Sugiartha Sanjaya, E. P. (2023). Akuntasi Manajemen. Bali: CV. Intelektual Manifes Media.
Rahmadani, I., & Gofur, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Coca-Cola (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stiami Kampus Bekasi Angkatan 2018). JAMBIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 3(2), 192-204. https://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUMABI/article/view/3095/1476
Rifqi Suprapto, M. Z. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Myria Publisher.
Rizal, A. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran Di Era Masyarakat Industri 4.0. Deepublish.
Sanjaya, T. S., Purwati, A. A., Amin, A. M., & Komardi, D. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi, Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Coca Cola Di Dumai (Studi Kasus Masyarakat Dumai). LUCRUM: Jurnal Bisnis Terapan, 3(2), 166-178. https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/lucrum/article/view/3397/1230
Santoso, A. (2023). Pengaruh Desain Kemasan, Cita Rasa, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Teh Botok Sosro. AKSIOMA: Jurnal Manajemen, 2(2), 108-113. https://journal.unwira.ac.id/index.php/aksioma/article/view/2483/754
Sawlani, D. K. (2021). Keputusan Pembelian Online. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Septi, M. W. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Coca-Cola Di Banjarbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB). http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/11889
Shofiudin, Z. R., & Sulistyawati, L. (2023). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pembelian Teh Pucuk Harum. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(2), 624-633. https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/reslaj/article/view/1813/1381
Sihombing, Y. A. (2022). Loyalitas Pasien: Tinjauan Aspek Pelayanan, Kepuasan, Trust, Komitmen, Brand Equity, dan Hospital Image. Bojong: Penerbit Nem.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D): Vol. 16x24 cm (25th ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta Bandung.
Suharyat, Y. (2022). Metode Penelitian Pendidikan. Jawa Tengah: Wawasan Ilmu.
Vera Selvina Adoe, M. Y. (2022). Buku Ajar E-Commerce. Feniks Muda Sejahtera.
Wicaksono, R. K. (2020). Pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen Coca Cola (Studi Pada Konsumen Coca Cola di Kota Malang). Universitas Brawijaya. http://www.sabilfeb.lecture.ub.ac.id/files/2015/01/artikel1.pdf
Widyana, S. F., & Simangunsong, R. (2021). Pengaruh Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Teh Pucuk Harum). Pro Mark, 11(2). https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/1705/880
Yanuar, C. S., & Rahayu, Y. I. (2021, March). Pengaruh Citra Merek, Kemasan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Coca Cola (Studi Pada Supermarket Lion Superindo Di Kota Malang). In Conference on Economic and Business Innovation (CEBI) (pp. 962-975). https://jurnal.widyagama.ac.id/index.php/cebi/article/view/165/174
Yudha, T. K. (2020). Pengaruh Brand Image Minuman Coca-Cola terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Konsumen di Medan). Wahana Inovasi, 4(1), 101-133. https://penelitian.uisu.ac.id/wp-content/uploads/2017/05/12.-Tri-Kartika-Yudha.pdf
Zahroniya, S., Arief, M. Y., & Praja, Y. (2022, November). Pengaruh Iklan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Wardah Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Abdurachman Saleh Situbondo). In PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS (Vol. 1, No. 1, pp. 262-270). http://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/2463/1844
DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v14i2.1381
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
JWEM is indexed in:
Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id
The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)