POTENSI KUALITAS PRODUK TERHADAP PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI CITRA MEREK DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA JAPANESE FAST FOOD

Mbayak Ginting, Sherly Joe

Abstract


Tidak semua variabel yang secara teori memberi kontribusi langsung dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Sehingga dalam penelitian ini ingin diteliti kontribusi tidak langsung terhadap loyalitas. Dilakukan pada pelanggan Japanese fast food HokBen dengan kuesioner skala likert terhadap 100 orang pelanggan. Penentuan jumlah sampel digunakan rumus Lemeshow dan teknik sampling accidental sampling. Dianalisis dengan Partial least Squares Analysis – Structural Equation Model (PLS-SEM) serta pengolahan data menggunakan Smart-PLS 3.2.9. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa kualitas produk tidak memberikan kontribusi terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan secara tidak langsung variabel brand image dan kepuasan pelanggan memediasi hubungan kualitas produk dengan loyalitas. Dengan perkataan lain, kualitas produk yang baik meningkatkan brand image dan kepuasan pelanggan sehingga pada akhirnya loyalitas pelanggan meningkat.


Keywords


fast food, mediasi, kualitas produk, brand image, kepuasan, loyalitas pelanggan

Full Text:

PDF

References


Arisandi, E., Lukitaningsih , A., & Welsa, H. (2022). Analysis of Brand Loyalty through Brand Image as an Intervening Variable. Journal of International Conference Proceedings , 117-133.

Canbridge University press. (t.thn.). Fast food. Dipetik August 10, 2024, dari Dictionary Canbridge: https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/fast-food

Chandra, T., Chandra, S., & Hafni, L. (2020). SERVICE QUALITY, CONSUMER SATISFACTION, DAN CONSUMER LOYALTY: TINJAUAN TEORITIS. Puwokerto: CV IRDH.

Diputra , I. A., & Yasa, N. N. (2021). THE INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY, BRAND IMAGE, BRAND TRUST ON CUSTOMER SATISFACTION AND LOYALTY . American International Journal of Business Management (AIJBM), 25-34.

Eugene, A. W., & Sullivan, M. W. (1993). The Antecedents and Consequences of Customer Satisfaction for Firms. Marketing Science, 125-143.

Hair, Jr., J. F., Hult, G. T., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2022). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). SAGE Publications, Inc.

Hidayat, A., Adanti, A. P., Darmawan, A., & Setyaning, A. N. (2019). Factors Influencing Indonesian Customer Satisfaction and Customer Loyalty in Local Fast-Food Restaurant . International Journal of Marketing Studies, 131-139.

HokBen. (t.thn.). Dipetik August 2, 2024, dari https://www.hokben.co.id/corporate/milestones

Knutson , B. J., Stevens, P., & Patto, M. (2008). DINESERV: Measuring Service Quality in Quick Service, Casual/Theme, and Fine Dining Restaurants. Journal of Hospitality & Leisure Marketing, 35-44.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall. Inggris: Pearson Education Inc.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education,Inc.

Kurniawan, H. H. (2017). PENGARUH PERCEIVED QUALITY TERHADAP BRAND LOYALTY MELALUI MEDIASI BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST (Studi pada Brand Restoran McDonald’s di Kota Malang) . Jurnal Bisnis dan Manajemen , 228-239 .

Majid , M. A., Rojiei, A. M., Shafii, N. A., Ghoni , N. N., & Hassan, H. (2021). Factors Influencing Customer Satisfaction at Fast Food Restaurant in Klang Valley, Malaysia. International Journal of Advanced Research in Economics and Finance, 248-256.

Martenson, R. (2007). Corporate brand image, satisfaction and store loyalty : Astudy of the store as a brand, store brands and manufacturer brands. International Journal of Retail & Distribution Management, 544-555.

Mobarak, N. M., Nassar , M. A., & Barakat, M. O. (2022). Cause-related marketing and its impact on brand image and loyalty: Evidence from international fast-food chains. Journal of Foodservice Business Research, 1-26.

Muhson, A. (2022). Analisis Statistik dengan SmartPLS: Path Analysis, Confirmatory Factor Analysis, & Structural Equation Modeling . Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Musapat, M., & Armia, S. (2018). PENGARUH PERSEPSI KUALITAS DAN KESADARAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGGUNA LAMPU LED HANNOCHS DI BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 96-110.

Nurkariani, N. L., & Kurniantara, G. Y. (2022). Pentingnya Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Artha Satya Dharma, 27-32.

Puspadini, M. (2024). Daftar 10 Restoran Paling Laris di RI, Ada Starbucks & Kopi Kenangan. CNBC Indonesia. Diambil kembali dari https://www.cnbcindonesia.com/market/20240118092021-17-506853/daftar-10-restoran-paling-laris-di-ri-ada-starbucks-kopi-kenangan

Rusiyati, S., Zuniarti, I., Nurhayaty, E., Puspasari, A., Mustomi, D., Ariawan, J., & Hakim, L. (2022). Mediation Of Consumer Satisfaction On Product Quality And Quality Of Service To Customer Loyalty Hanamasa Restaurant In Jakarta. INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIAL AND MANAGEMENT STUDIES (IJOSMAS), 71-77.

Sochenda, S. (2021). MODELING OF CUSTOMER SATISFACTION AND CUSTOMER . International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 409-433.

Uddin, M. B. (2019). Customer loyalty in the fast food restaurants of Bangladesh. British Food Journal, 2791-2808.

Wicaksana, I. (2021). PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN USIA MUDA. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 1-10.

Xavier , E. M., Ariza-López, F. J., & Ureña-Cámara, M. A. (2015). WEB SERVICE FOR POSITIONAL QUALITY ASSESSMENT: THE WPS TIER. ISPRS Annals of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences, 257-262.

Yulianti, F., Lamsah, & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran. CV. Budi Utama.

Yusuf , M., Oswari, T., & Hastuti , E. (2021). PENGARUH SUASANA TOKO, KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN McDONALD’S DI KOTA DEPOK. UG JURNAL, 46-52.




DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v14i2.1405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)