Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tindakan Manajemen Laba pada Perusahaan Indeks Kompas100 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Rice Rice, Agustina Agustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tindakan manajemen laba pada perusahaan yang termasuk dalam indeks Kompas100. Variabel yang digunakan dalam menganalisis tindakan manajemen laba yaitu earning power, leverage, kepemilikan institusional dan nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang berturut-turut masuk dalam indeks Kompas100 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2008-2012. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sebanyak 27 sampel perusahaan. Metode pengujian data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian data, secara simultan, earning power, leverage, kepemilikan institusional dan nilai perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba. Secara parsial, leverage berpengaruh signifikan negatif terhadap Manajemen Laba, sedangkan earning power, dan nilai perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

Keywords


earning power, leverage, kepemilikan institusional, nilai perusahaan, dan manajemen laba

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v2i2.162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)