Pengaruh Rasio Keuangan dan Corporate Governance terhadap Praktik Manajemen Laba pada Perusahaan Kompas100

Rice Rice

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi praktik manajemen laba pada perusahaan yang termasuk indeks Kompas100 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel independen yang digunakan dalam menganalisis praktik manajemen laba yaitu Net Profit Margin, Debt to Assets Ratio, Kepemilikan Institusional, Kualitas Audit dan Ukuran Perusahaan. Lokasi yang diilih dalam penelitian ini adalah pada perusahaan yang berturut-turut masuk dalam indeks Kompas100 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2008-2012. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh sebanyak 27 perusahaan untuk dijadikan sebagai sampel penelitian. Sedangkan untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen digunakan metode analisis regresi linier berganda. Berdasarkan pengujian data, diperoleh hasil bahwa secara simultan, net profit margin, debt to assets ratio, kepemilikan institusional, kualitas audit, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap praktik manajemen laba. Namun secara parsial, hanya hanya debt to assets ratio yang berpengaruh signifikan negatif terhadap praktik manajemen laba, sedangkan net profit margin, kepemilikan institusional, kualitas audit dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.


Keywords


net profit margin, debt to assets ratio, kepemilikan institusional, kualitas audit, ukuran perusahaan dan manajemen laba

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v3i2.204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)