Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Laba dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Agustina -, Rice Rice

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh current ratio, inventory turnover, leverage, earning power, net profit margin, tingkat penjualan, tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi terhadap pertumbuhan laba, dan melihat apakah ukuran perusahaan dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen. Penelitian ini mengambil objek pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2012-2013, berjumlah 137 perusahaan dan diperoleh sebanyak 74 perusahaan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian secara simultan semua variabel berpegaruh terhadap pertumbuhan laba, namun secara parsial, hanya tingkat penjualan yang berpengaruh terhadap pertumbuhan laba. Di samping itu, ukuran perusahaan tidak dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.


Keywords


rasio keuangan, tingkat penjualan, tingkat inflasi, pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan laba

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v6i1.255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)