Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Air Minum Isi Ulang di Kota Binjai

Parimin -, Muhammad Yusuf, Muhammad Umar Maya Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan air minum isi ulang di Kota Binjai dengan variabel yang diteliti adalah harga air minum isi ulang (galon), anggota rumah tangga, jumlah pendapatan rumah tangga dan biaya pengeluaran air minum dalam kemasan (Aqua). Data yang digunakan merupakan data primer berupa kuisioner?  kepada pelanggan dengan periode observasi Pebruari s.d Maret 2016. Sedangkan metode analisis yang digunakan untuk data primer adalah Ordinary Least Square (OLS) dengan analisis program software E Views 6 dan data sekunder diperoleh mengenai gambaran umum?  tentang konsumsi air minum isi ulang dan hasil studi kepustakaan (Library Research) yang digunakan sebagai pendukung teori-teori yang relevan dengan penelitian. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan significant antara air minum isi ulang (galon), anggota rumah tangga dan jumlah pendapatan rumah tangga terhadap permintaan air minum isi ualang di Kota Binjai sebaliknya terdapat hubungan positif dan tidak significant antara biaya pengeluaran air minum dalam kemasan (Aqua) terhadap permintaan air minum isi ulang (galon) di Kota Binjai.


Keywords


harga air minum isi ulang (galon), anggota rumah tangga, jumlah pendapatan rumah tangga, harga air minum dalam kemasan (Aqua)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v6i2.317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)