Pengaruh Corporate Governance dan Kompensasi Rugi Fiskal Terhadap Penghindaran Pajak dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating

Suriani Ginting

Abstract


Penghindaran pajak (tax avoidance) merupakan bagian dari perencanaan pajak (tax planning) yang dilakukan secara legal. Penghindaran pajak dilakukan untuk mengurangi beban pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Corporate Governance yang diukur melalui Kepemilikan Institusional, dan Komisaris Independen serta kompensasi Rugi Fiskal terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2014 baik secara simultan maupun secara parsial, dan mengetahui kemampuan Ukuran Perusahaan sebagai variabel moderasi dalam memperkuat atau memperlemah pengaruh Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen dan Kompensasi rugi fiskal?  terhadap Penghindaran Pajak?  pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2014.?  Hasil penelitian menunjukkan secara simultan Corporate Governance dan Kompensasi rugi piskal berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak?  pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Secara Parsial Kepemilikan Institusional, dan Kompensasi Rugi Fiskal berpengaruh signifikan terhadap Penghindaran Pajak?  pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012 ¢â?¬â?? 2014, sedangkan?  Komisaris Independen tidak berpengaruh signifikan terhadap Penghindaran Pajak pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia peruode 2012-2014 Ukuran Perusahaan?  tidak mampu memoderasi? ?  (memperkuat atau melemahkan ) pengaruh Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen dan Kompensasi Rugi Fiskal terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. periode 2012 ¢â?¬â?? 2014.


Keywords


Institusional Ownership, Managerial Ownership, Company Size, Compensation Tax Losses, Tax avoidance

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v6i2.347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)