Analisis Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Capital Adequacy Ratio (CAR) pada Institusi Perbankan Terbuka di Bursa Efek Indonesia

Andreani Caroline Barus

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris pengaruh rasio keuangan yang terdiri dari profitabilitas dan likuiditas yang diwakili oleh IML, ROE, LDR, dan QR?  terhadap Capital Adequacy Ratio (CAR) pada perusaan perbankan di Bursa Efek Indonesia. Objek penelitian ini adalah perusahaan perbankan terbuka yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan jumlah populasi sebanyak 28 perusahaan perbankan, 12 sampel penelitian dan observasi sebanyak 72 unit analisis, serta periode penelitian dari tahun 2004 sampai dengan tahun 2009. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda (Multiple Liniear Regression). Pengumpulan data dilakukan dengan cara mendownload dokumentasi laporan keuangan di situs resmi Bursa Efek Indonesia www.idx.co.id, situs resmi Bank Indonesia www.bi.go.id , dan situs resmi BAPEPAM www.bapepam.go.id.Hasil pengujian ini membuktikan bahwa bahwa rasio-rasio keuangan yang terdiri dari IML, ROE, LDR, dan QR secara simultan berpengaruh signifikan terhdap Capital Adeqaxy Ratio (CAR). Secara parsial hanya ROE yang tidak berpengaruh signifikan terhadap Capital Adequacy Ratio (CAR) pada Institusi Perbankan Terbuka di Bursa Efek Indonesia.


Keywords


capital adequacy ratio, interest margin on loans, return on equity, loan to deposit ratio, quick ratio

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v1i1.51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)