Pengaruh Economic Value Added, Market Share dan Earning Per Shares Terhadap Return Saham (Studi pada Perusahaan Manufaktur Jenis Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia 2004-2007)

Akmal Hidayat

Abstract


Dalam suatu lingkungan bisnis yang kompetitif, mengetahui kinerja keuangan perusahaan adalah merupakan salah satu hal yang penting dalam menentukan keputusan untuk berinvestasi, sehingga diperlukan cara pengukuran yang tepat sehingga mampu memberikan penilaian yang cukup akurat agar investor dan kreditor tidak tersesat. Dari hasil analisis yang dilakukan oleh investor dapat melihat apakah perusahaan mampu membayarkan return saham, karena return adalah tingkat keuntungan yang diharapkan oleh investor. Dengan demikian penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis alat analisis berinvestasi dengan menguji pengaruh Economic Value Added, Market Share dan, Earnings Per Share(EPS) terhadap return saham perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Data penelitian diambil selama empat periode, yaitu tahun 2004-2007 dengan jumlah sampel 31 perusahaan manufaktur jenis consumer goods, jumlah sampel observasi dalam penelitian ini sebanyak 124 sample observasi. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda untuk melihat seberapa besar kontribusi masing-masing variable bebas dalam mempengaruhi return saham dengan menggunakan alat uji SPSS versi 16.0. selanjutnya pengujian hipotesis dilakukan dengan menggukanan uji ANOVA atau F Test atau Uji Simultan dan Uji t atau Uji Parsial pada tingkat kepercayaan 95%. Adapun hipotesis penelitian ini adalah Economic Value Added, Market Share dan EPS mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap return saham yang diterima oleh pemegang saham baik secara simultan maupun secara parsial. Berdasarkan Uji ANOVA atau F Test atau Uji Simultan, dapat disimpulkan bahwa variabel Economic Value Added, Market share dan EPS secara simultan mempunyai pengaruh positif terhadap return saham. Uji t atau Uji Parsial menunjukkan bahwa variabel economic value added, market share dan EPS mempunyai pengaruh positif terhadap return saham.

Keywords


economic value added, market share, eps dan return saham

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v1i1.52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)