Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Menurut Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Utara

Juliana Kosasi, Andreani Caroline Barus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh upah minimum, jumlah penduduk dan produk domestik regional bruto terhadap penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan menurut kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah kabupaten dan kota yang berada di Provinsi Sumatera Utara tahun 2009-2013 dan jumlah sampel yang digunakan adalah 29 Kabupaten dan Kota, yang dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, upah minimum, jumlah penduduk, dan produk domestik regional bruto berpengaruh secara simultan dan secara parsial, jumlah penduduk dan produk domestik regional bruto berpengaruh signifikan positif sedangkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) berpengaruh signifikan negatif terhadap penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan.


Keywords


Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan, Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK), Jumlah Penduduk dan Produk Domestik Regional Bruto.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v7i2.524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)