Analisis Price Cash Flow Ratio (PCFR) dan Price Sales Ratio (PSR) yang Berpengaruh pada Return Saham (Studi Empiris pada Perusahaan Ritel yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2016)

Atik Tri Andari, Elmi Rakhma Aalin

Abstract


Pasar modal merupakan sarana yang sangat menguntungkan baik bagi pihak perusahaan maupun bagi pihak investor yang sama-sama berorientasi pada keuntungan. Tujuan investor menanamkan modalnya berupa saham adalah untuk mendapatkan return (tingkat pengembalian). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rasio nilai pasar atau valuation ratio berpengaruh pada return saham. Adapun emiten yang dipilih adalah emiten dari perusahaan ritel pada tahun 2016. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Untuk melihat besarnya pengaruh Price Cash Flow Ratio (PCFR) dan Price Sales Ratio (PSR) sebagai variabel independen terhadap return?  saham?  sebagai?  variabel?  dependen,?  maka?  digunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Price Cash Flow Ratio (PCFR) berpengaruh terhadap return saham ditolak dan Price Sales Ratio (PSR) berpengaruh terhadap return saham ditolak. Dapat dikatakan bahwa investor tidak memandang Price Cash Flow Ratio (PCFR) dan Price Sales Ratio (PSR) dalam menilai return saham.

Keywords


Price Cash Flow Ratio (PCFR), Price Sales Ratio (PSR), Return Saham

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v8i2.575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)