Memprediksi Financial Distress Dengan Menggunakan Model Altman Score, Grover Score, Zmijewski Score (Studi Kasus Pada Sub Sektor Perusahaan Perdagangan Besar)

Hantono -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi kesulitan keuangan pada listing perusahaan perdagangan besar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017 dengan menggunakan skor altman, skor grover, skor zmijewski. Objek penelitian ini adalah semua perusahaan perdagangan besar yang listing di Bursa Efek Indonesia yang menerbitkan laporan keuangan yang telah diaudit untuk tahun fiskal 2013 - 2017, yang berjumlah 19 perusahaan. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan metode purposive sampling dimana sampel ditentukan berdasarkan kriteria tertentu yang ditentukan oleh peneliti dan memiliki keterbatasan dalam hal generalisasi. Sampel penelitian adalah 62 (enam puluh dua perusahaan). Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif dengan menggunakan skor altman, skor grover, skor zmijewski.

Keywords


skor altman, skor grover, skor zmijewski, kesulitan keuangan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v9i1.587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)