Hubungan Efisiensi Operasional dengan Kinerja Profitabilitas pada Sektor Perbankan yang Go Public di Bursa Efek Indonesia

Andreani Caroline Barus, David Sulistyo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui pentingnya hubungan antara tingakat efisiensi operasional dan kinerja profitabilitas perbankan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan untuk mejelaskan sejauh mana tingkat operasional efisiensi memberikan informasi tentang profitabilitas kinerja perbankan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Objek penelitian ini adalah perusahaan perbankan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan jumlah populasi sebanyak 25 bank dimana populasi ini adalah juga menjadi sampel, serta periode penelitian dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2008. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda (Multiple Linier Regression).

Hasil pengujian membuktikan bahwa variable bebas memiliki pengaruh terhadap variable terikat. Variabel CAR mempengaruhi ROA secara signifikan sedangkap MSDN dan LDR tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA pada perusahaan perbankan go public di Bursa Efek Indonesia.


Keywords


Capital Adequacy Ratio (CAR), Dana Pihak Ketiga (DPK/MSDN), Loan to deposit Ratio (LDR), Return on Assets (ROA)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v1i2.60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)