Mengukur Produktivitas Karyawan Melalui Disiplin Kerja, Kepuasan Kerja dan Lingkungan Kerja (Studi pada PT Harapan Sukses Jaya Bekasi)

M. Aziz Winardi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Disiplin Kerja, Kepuasan Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan pada PT Harapan Sukses Jaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory). ? Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 64 responden. Hasil penelitian menunjukan hasil uji secara statistik menunjukan hasil uji hipotesis secara simultan (Uji- F) menunjukkan bahwa variabel disiplin kerja, kepuasan kerja dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel produktivitas karyawan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (501,68) lebih besar dari Ftabel (2,76). Hasil uji hipotesis secara parsial (Uji-t) menunjukkan bahwa variabel disiplin kerja secara parsial berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan dimana hasil thitung (3,089) lebih besar dari nilai ttabel (2.000),?  variabel kepuasan kerja secara parsial berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawandimana hasil analisis thitung (2,895) lebih besar dari ttabel (2,000), dan variabel lingkungan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan dimana hasil thitung (16,232) lebih besar dari ttabel (2.000). Nilai koefesien determinasi (R?²) sebesar 0,960 yang berarti bahwa 96% produktivitas karyawan dapat di jelaskan oleh faktor disiplin kerja, kepuasan kerja dan lingkungan kerja, sedangkan sisanya 4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Keywords


disiplin kerja, kepuasan kerja, lingkungan kerja, produktivitas karyawan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v9i1.615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)