Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta

Tanti -, Mbayak Ginting, Sugianta Ovinus Ginting

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi swasta studi kasus pada STIE Mikroskil Medan. Dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 97 orang mahasiswa, sedangkan teknik sampling menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Data dianalisis dengan metode regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh dari pengujian hipotesis adalah bahwa produk berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi swasta. Sedangkan harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik tidak berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih. Produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi swasta. Nilai Adjusted R Square adalah sebesar 0,611. Hal ini berarti 61,10% keputusan memilih dipengaruhi oleh produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Sebesar 38,90% keputusan memilih dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Bauran Pemasaran, Keputusan Memilih, Perguruan Tinggi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v9i2.683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)