Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Memilih UNDIRA Bagi Mahasiswa Program Studi Manajemen Semester II

Didin Hikmah Perkasa, Agung Solihin, Ryani Dhyan Parashakti, Suzan Bernadetha Stephani, Dwi Aprillita

Abstract


Mencapai pendidikan yang setinggi-tingginya adalah suatu proses seseorang dalam mencapai cita-cita dan harapan masa depan yang baik. Melalui pendidikan tinggi berarti kita meningkatkan kualitas diri untuk menjadi lebih baik. Perguruan Tinggi memiliki kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia suatu Negara, karena Perguruan Tinggi merupakan bidang pendidikan yang menghasilkan produk berupa jasa pendidikan di mana produk tersebut akan dibeli oleh konsumen (mahasiswa) yang mana produk tersebut dapat membentuk pribadi seseorang dalam hal ini untuk menjadi pribadi yang tangguh. Keputusan peserta didik memilih UNDIRA sebagai tempat menimba ilmu bagi meraka, merupakan suatu hal yang mutlak bagi mereka karena adanya beberapa faktor-faktor pendukung sebagai pertimbangan sehingga peserta didik memutuskan UNDIRA sebagai pilihannya. Hasil pra survei yang Tim Peneliti lakukan didapatkan 2 (dua) faktor pendukung yaitu harga dan promosi yang menjadi pertimbangan peserta didik UNDIRA memutuskan memilih UNDIRA. Tim Peneliti akan mengkaji dan menganalisa harga dan promosi terhadap keputusan memilih UNDIRA sebagai pilihan peserta didik semester II prodi manajemen UNDIRA. Data akan dianalisis dengan cara uji validitas, uji reliabilitas, uji multikolinieritas dan uji hipotesis dengan menggunakan program smartPLS. Hasil oleh data smartPLS terdapat pengaruh positif yang signifikan harga dan promosi terhdap keputusan responden memilih Universitas Dian Nusantara (UNDIRA) sebagai tempat melanjutkan pendidikan responden.


Keywords


harga, promosi, pendidikan tinggi

Full Text:

PDF

References


A. P. Sari, B. Pendidikan, K. O. Tua, T. Sebaya, P. Kerja, and M. Program, “KEPUTUSAN MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI-TATA NIAGA FKIP- UNIS TANGERANG Keywords : Education Costs , Parental Involvement , Peers , Job Opportunities , and Decisions to Choose Study Programs . 1 . Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Faku,” pp. 106–119.

A. Hamid, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Ekonomi Syariah,” J. Penelit. Ilmu-ilmu Sos. dan Keislam., vol. 05, no. 1, pp. 159–174, 2019.

M. Sari, Z. Rosha, and D. Kamener, “PENGARUH CITRA UNIVERSITAS , PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT SISWA MEMILIH UNIVERSITAS BUNG HATTA ( STUDI KASUS SISWA KELAS 3 SMA NEGERI TAHUN AJAR 2019 / 2020 DI KOTA PADANG ),” pp. 2–3, 2020.

A. D. Sakti and D. S. W. Lubis, “Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan,” J. Stud. Manaj., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2019.

P. and K. L. K. Kotler, Marketing Manajemen. Pearson Education,Inc, 2016.

A. Setiawan, “Keputusan Siswa Memilih SMK Swasta di Kota Bandung,” vol. XI, no. 1, pp. 25–32, 2020.




DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v11i2.779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)