Analisis Efektivitas Pemanfaatan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Sikab Kecamatan Barusjahe

Vionita Primsa Br Barus, Mbayak Ginting

Abstract


Penelitian ini berfokus pada analisis efektivitas pemanfaatan Alokasi Dana Desa (ADD) dengan tujuan untuk mengetahui seberapa efektif pemanfaatan ADD dengan lokasi studi di Desa Sikab Kecamatan Barusjahe, Kabupaten Karo. Efektivitas ditinjau dari aspek perencanaan, aspek pelaksanaan, dan aspek pertanggungjawaban dan perihal faktor penghambat di bidang pengelolaannya. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan data primer (langsung dari narasumber) dan data sekunder dengan objek penelitian adalah masyarakat, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan aparatur pemerintahan Desa Sikab. Metode analisis data pada penelitian menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga tahapan dalam pengalokasian ADD Desa Sikab, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban. Prosedur yang wajib dilakukan sudah dilaksanakan dengan baik oleh pemerintah desa, BPD dan masyarakat serta hasilnya tepat guna, namun permasalahan yang terjadi adalah penyusunan laporan pertanggungjawaban yang terlambat sehingga mengakibatkan tingkat efektivitas ADD di Desa Sikab belum dikatakan efektif. Faktor yang menjadi penghambat dalam efektivitas alokasi dana desa di Desa Sikab yaitu keterlambatan pencairan dana dari pemerintah daerah karena keterlambatan penyelesaian laporan pertanggungjawaban dari pemerintah desa. Secara umum, sasaran peluncuran ADD belum sepenuhnya mencapai tujuannya, seperti terwujud dengan baik desa yang maju, mandiri, dan sejahtera tanpa harus kehilangan jati diri sesuai amanat Undang-Undang No. 6 Thn 2014. Masih diperlukan penelitian yang lebih luas dan mendalam agar diketahui faktor-faktor penyebab belum sepenuhnya tercapai tujuan ADD. Bagi pemerintah Desa Sikab disarankan menjalankan program dan pelaporan lebih cepat sehingga pencairan dana juga tepat waktu.


Keywords


Efektivitas, Pemerintah Desa, Alokasi Dana Desa, Desa Sikab

Full Text:

PDF

References


DPR RI. (2019). Pengelolaan Dana Desa Masih Bermasalah. Jakarta: DPR RI https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/25283/t/Pengelolaan+Dana+Desa+Masih+Bermasalah.

Kemendagri. (2014). Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa. Jakarta: Kemendagri.

Kemendagri RI. (2007). Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa Nomor 37 Tahun 2007. Jakarta: Kemendagri RI.

Mardiasmo. (2016). Efisiensi dan Efektifitas. Jakarta: Andy.

Moeljono, & Kusumo, W. K. (2019). Efektivitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Pada Desa Tegal Arum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Efektivitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus pada Desa Tegal Arum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak), 61-76.

Pemerintah Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah RI Nomor 72 Tahun 2005 tetang Desa. Jakarta: Sekretariat Negara.

Pemerintah Indonesia. (2014). UU No. 6 Tahun 2014. Jakarta: Sekretariat Negara.

Pemkab Karo. (2016). Peraturan Bupati Nomor 11 Tahun 2016. Kabanjahe: Pemkab Karo.

Resdiana, E., & Irawati P, I. (2020). Efektivitas Dana Desa Dalam Mendukung Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Marengan Daya Kabupaten Sumenep. Jurnal Public Corner Fisip Universitas Wiraraja, 40-60.

Ruru, N., Kalangi, L., & Budiarso, N. S. (2017). Analisis Penerapan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan Desa (Sudi Kasus pada Desa Suwaan, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara). Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 83-90.

Siregar, K. (2018). Efektivitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa pada Desa Dedekadu Kecamatan Loli Kabupaten Sumba Barat. Jurnal Politik Pemerintahan Dharma Praja, vo.11, no.1, 51-62.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v12i2.909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)