Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pasta Gigi Pepsodent

Dewi Lorista, Sugianta Ovinus Ginting, Pioner Pelawi

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pasta Gigi Pepsodent di Kota Binjai secara parsial maupun secara simultan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa variabel citra merek secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel kualitas produk, promosi dan harga secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Namun, secara simultan variabel citra merek, kualitas produk, promosi dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil koefisien determinasi adalah sebesar 77.3%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel yang terdiri dari citra merek, kualitas produk, promosi dan harga mampu menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 77.3%, sementara sisanya sebesar 22.7% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Keputusan Pembelian, Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi, Harga

Full Text:

PDF

References


Adrianto, A. (2022). Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian produk susu Dancow. Insight Management Journal, 98. Retrieved from https://journals.insightpub.org/index.php/imj

Arini, D. W. (2021). Manajemen Kualitas. Banten: Universitas Terbuka.

Assauri, S. (2018). Manajemen Bisnis Pemasaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Makassar: Global Research and Consulting Institute.

Daya, J. S., Rosa, T., Tamba, M., & Suratmi, T. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk “The Sandals” dari PT. Razer Brothers. Jurnal Administrasi dan Manajemen, 95. doi:10.52643/jam.v12i1.2112

Effendi, U. (2021). Iklan Brosur, Kualitas Produk dan Citra Merek. Makassar: Penerbit Yayasan Barcode.

Elini, & Syaifullah. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Advan pada PT Maju Telekomunikasi Batam. Ekuivalensi Jurnal Ekonomi Bisnis, 48. doi:10.51158/ekuivalensi.v8i1.650

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.

Ghozali, H. I. (2016). Aplikasi Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indarto, L. A., & Ayu, S. A. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk BreadTalk. Jurnal Bisnis Perspektif (BIP’s). doi:10.37477/bip.v14i2.355

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika, I. M., Hasan, M., Utomo, K. P., . . . Triwardhani, D. (2021). Perilaku Konsumen. Bandung: WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing, 17th edition. United States: Pearson Education.

Najib, A. G., & Andriana, A. N. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, dan Ulasan Produk terhadap Keputusan Pembelian melalui Aplikasi Shopee. Jurnal Syntax Fusion. doi:10.54543/fusion.v2i01.145

Novianti, F., & Purba, T. (2022). Pengaruh Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Alfamart Tiban Ciptaland Batam. Ekuivalensi Jurnal Ekonomi Bisnis. doi:10.51158/ekuivalensi.v8i1.647

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Riyanti, R. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis. doi:10.26714/vameb.v18i1.9625

Saleh, M. Y., & Said, M. (2015). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV. Sah Media.

Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: FKIP UHAMKA.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, & Puspasari, P. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Gaya Hidup Sehat, dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian Susu Bear Brand. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis.

Utami, D. I., & Hidayah, N. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett. Jurnal Ilmiah Multidisiplin. doi:10.56127/jukim.v1i04.159

Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen Pemasaran Teori dan Strategi. Samarinda: Forum Pemuda Aswaja.




DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v13i2.979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)