Curriculum

Program Studi S-2 Teknologi Informasi pada Fakultas Informatika Universitas Mikroskil merupakan Program Studi Magister yang menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang terintegrasi dengan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian dalam manajemen teknologi informasi.

 

Program Studi S-2 Teknologi Informasi memiliki beban kredit 38 satuan kredit semester (sks) yang dapat diselesaikan dalam waktu paling cepat 3 (tiga) semester sesuai dengan persyaratan akademik yang berlaku. Mahasiswa berhak menyandang gelar Magister Komputer (M.Kom.) setelah memperoleh minimum 38 sks sesuai dengan persyaratan kurikulum dan akademik yang berlaku.

 

Lulusan dari Program Studi S-2 Teknologi Informasi memiliki profil lulusan sebagai berikut :

No. Profesi Deskripsi Profesi Kemampuan Profesi
1. IT Governance Consultant Menyelaraskan sumber daya teknologi informasi dengan tujuan dan strategi suatu organisasi Mampu memberikan jasa konsultasi dalam bidang tata kelola teknologi informasi
2. IT Project Manager
  • Merencanakan, memulai, dan mengelola proyek teknologi informasi
  • Memimpin dan mengarahkan pekerjaan staf teknis hingga proyek terlaksana dengan baik
  • Berfungsi sebagai penghubung antarabisnis dan aspek teknis proyek
IT Project Manager
3. Researcher & Academician Menjalankan kegiatan tridharma dalam sebuah perguruan tinggi Mampu mengelola proses pembelajaran dengan baik, melakukan penelitian, dan mengaplikasikan hasilnya bagi kemajuan masyarakat

 

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dirumuskan berdasarkan CPL Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI) dan CPL Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM), dan terdiri dari Capaian Pembelajaran (CP) Sikap, Keterampilan Umum, Keterampilan Khusus, dan Pengetahuan, yakni sebagai berikut :

SIKAP
PLO-01 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki moral, etika, dan sikap saling menghargai dalam masyarakat yang beragam.
PLO-02 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila.
PLO-03 Memiliki sikap profesional, bertanggung jawab, mampu bekerja sama, menjunjung tinggi etika akademik dan profesi, serta memiliki semangat kewirausahaan.
KETERAMPILAN UMUM
PLO-04 Mampu mengimplementasikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, menerapkan nilai humaniora, serta menyelesaikan penugasan kerja sesuai bidang keahliannya.
PLO-05 Mampu bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya, melakukan evaluasi diri terhadap diri sendiri dan kelompok kerja di bawah tanggung jawabnya, serta memelihara dan mengembangkan jaringan kerja di dalam maupun luar organisasi.
PLO-06 Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan dan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah.
KETERAMPILAN KHUSUS
PLO-07 Mampu memilih dan menerapkan teknik dan perangkat yang paling sesuai (best practice) guna mendukung penyelesaian permasalahan tata kelola teknologi informasi.
PLO-08 Mampu membangun teknologi informasi skala besar dan mengelola perencanaan sumber daya perusahaan yang baik.
PLO-09 Mampu mengembangkan teori serta metode/teknik pada ruang lingkup aplikasi perusahaan.
PLO-10 Mampu mengelola risiko teknologi informasi.
PENGETAHUAN
PLO-11 Memiliki pengetahuan dalam mengidentifikasi, merencanakan, merancang, mengevaluasi, dan menerapkan solusi terhadap permasalahan kebutuhan teknologi informasi.
PLO-12 Memiliki pengetahuan untuk mengkaji isu-isu di bidang keprofesian teknologi informasi dan menunjukkan keahlian dalam merancang, menerapkan, dan mengevaluasi, baik rencana strategis maupun rencana pelaksanaan.
PLO-13 Memiliki pengetahuan untuk merancang, mengimplementasikan, mengkonfigurasi, dan mengoptimalkan penggunaan basis data.
PLO-14 Memiliki pengetahuan untuk menganalisis dan mengevaluasi perkembangan teknologi informasi (komputasi bergerak, komputasi awan, internet untuk segala, dan lain-lain).
PLO-15 Merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kebutuhan data center.
PLO-16 Memiliki pengetahuan dalam menyusun ide, hasil pemikiran dan argument sainstifik untuk solusi permasalahan teknologi informasi.

 

Kurikulum Program Studi S-2 Teknologi Informasi dirancang untuk dapat diselesaikan dalam waktu paling cepat 3 (tiga) semester sesuai dengan persyaratan akademik yang berlaku, yakni 2 (dua) semester masing-masing terdiri dari semester reguler dengan 3 (tiga) mata kuliah dan semester pendek dengan 1 (satu) mata kuliah, serta 1 (satu) semester untuk penyusunan Tesis.

 

Mata Kuliah Wajib

No. Kode Nama Mata Kuliah
1. SI2103 Manajemen Data dan Informasi (Data and Information Management)
2. TI2117 Infrastruktur Teknologi Informasi (Information Technology Infrastructure)
3. TI2121 Tata Kelola Teknologi Informasi (Information Technology Governance)
4. TI2158 Metodologi Riset Teknologi Informasi (Information Technology Research Methodology)
5. TI2159 Manajemen Strategis Teknologi Informasi (Information Technology Strategic Management)
6. TI2160 Manajemen Perubahan dan Proyek Teknologi Informasi (Information Technology Change and Project Management)
7. TI2161 Audit Teknologi Informasi (Information Technology Auditing)
8. XXXXX Mata Kuliah Pilihan (Election)
9. TI2162 Tesis (Thesis)

 

Mata Kuliah Pilihan

No. Kode Nama Mata Kuliah
1. TI2131 Arsitektur Enterprise (Enterprise Architecture)
2. TI2154 Manajemen Risiko Teknologi Informasi (Information Technology Risk Management)
3. TI2155 Manajemen Keamanan Teknologi Informasi (Information Technology Security Management)
4. TI2156 Manajemen Layanan Teknologi Informasi (Information Technology Service Management)
5. TI2157 Manajemen Investasi Teknologi Informasi (Information Technology Investment Management)

OUR LOCATION


Kampus A » Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212

Kampus B » Jl. Thamrin No. 140 Medan - 20212

Kampus C » Jl. Thamrin No. 112 Medan - 20212

Nomor Telepon (061) 4573767, Fax. (061) 4567789


Copyright © 2022 Universitas Mikroskil

OUR PARTNER


RHAcademy SAP Huawei Microsoft