Organisasi Mahasiswa

STMIK-STIE MIKROSKIL juga mempunyai tujuan menghasilkan lulusan yang berjiwa besar dan memiliki kemampuan memimpin serta memiliki kemampuan berkomunikasi. Untuk mewujudkan hal ini, maka wadah yang ideal adalah melalui organisasi kemahasiswaan. Oleh sebab itu, STMIK-STIE MIKROSKIL senantiasa memfasilitasi dan mendorong terbentuknya organisasi kemahasiswaan dan berbagai kegiatan kemahasiswaan.

Organisasi mahasiswa diselenggarakan dari, oleh, dan untuk mahasiswa dengan menganut azas manajemen terbuka, tidak diskriminatif, mandiri, kekeluargaan, efektif, efisien, dan transparan, yakni:

  1. Organisasi mahasiswa adalah wadah pembinaan sikap dan kepribadian serta menanamkan nilai-nilai luhur dalam diri mahasiswa. Sifat organisasi dapat berupa organisasi keilmuan, keprofesian, olah raga, seni dan budaya, serta pengembangan penalaran dan kemasyarakatan.
  2. Organisasi mahasiswa di STMIK-STIE Mikroskil adalah wadah kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler yang merupakan bagian terpadu dari sarana pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dalam memperkaya peningkatan sumber daya manusia.
  3. Kegiatan kokurikuler yang dimaksud di atas adalah kegiatan mahasiswa berdasarkan pada penalaran keprofesian atau keilmuan sesuai dengan program studi.
  4. Kegiatan ekstrakurikuler yang dimaksud di atas adalah kegiatan mahasiswa berdasarkan bakat, minat, dan penalaran.

 

Azas

  1. Organisasi mahasiswa di STMIK-STIE Mikroskil tidak menginduk pada organisasi masyarakat, organisasi sosial, atau organisasi politik manapun.
  2. Peraturan organisasi mahasiswa STMIK-STIE Mikroskil tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku umum di negara Republik Indonesia dan peraturan serta ketentuan yang berlaku di STMIK-STIE Mikroskil.

 

Kebebasan Berorganisasi

  1. Mahasiswa STMIK-STIE Mikroskil memiliki hak kebebasan untuk berorganisasi dan bergabung dengan organisasi-organisasi mahasiswa di STMIK-STIE Mikroskil untuk mengembangkan bakat, minat, dan penalaran.
  2. Keanggotaan, kebijakan, dan kegiatan organisasi mahasiswa di STMIK-STIE Mikroskil ditentukan oleh anggota dalam organisasi yang bersangkutan.
  3. Anggota organisasi mahasiswa STMIK-STIE Mikroskil adalah mahasiswa STMIK-STIE Mikroskil yang terdaftar secara sah dan telah lulus Pembinaan Mahasiswa Baru (PMB) serta keanggotaannya dijamin kerahasiaannya untuk kepentingan pihak tertentu dari luar STMIK-STIE Mikroskil.
  4. Keanggotaan seorang mahasiswa hanya diakui setelah mahasiswa tersebut tercatat oleh organisasi mahasiswa yang bersangkutan.
  5. Setiap organisasi mahasiswa memiliki pembimbing yang ditunjuk oleh Pembantu Ketua III bidang kemahasiswaan.
  6. Pembimbing yang dimaksud di atas dapat diangkat dari staf akademik (dosen) atau pegawai non akademik di lingkungan STMIK-STIE Mikroskil yang memiliki kemampuan sesuai dengan bidangnya.
  7. Pengurus organisasi mahasiswa terdiri atas mahasiswa yang terdaftar pada semester yang sedang berjalan dan tidak sedang menjalani sanksi.
  8. Mahasiswa yang menjadi pengurus organisasi mahasiswa selayaknya tidak bermasalah akademik dan dapat mengelola waktu dengan baik sehingga dapat dibanggakan prestasinya.

 

Kegiatan Organisasi Mahasiswa di STMIK-STIE Mikroskil

Kegiatan organisasi mahasiswa di STMIK-STIE Mikroskil adalah wahana pembelajaran dan latihan kepemimpinan, manajerial, serta kerja sama sebagai upaya memperkuat jati diri mahasiswa.

 

Kedudukan Organisasi Mahasiswa di STMIK-STIE Mikroskil

Organisasi mahasiswa tingkat sekolah tinggi yang disebut dengan Pemerintahan Mahasiswa (PEMA), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah organisasi yang kegiatannya berada di dalam koordinasi sekolah tinggi melalui Pembantu Ketua III bidang kemahasiswaan, sedangkan organisasi mahasiswa program studi yang disebut Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) berada di bawah naungan program studi bekerja sama dengan Pembantu Ketua III bidang kemahasiswaan.

 

Keabsahan Organisasi Mahasiswa

  1. Organisasi mahasiswa diakui secara sah setelah terdaftar secara resmi di STMIK-STIE Mikroskil dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Ketua STMIK-STIE Mikroskil.
  2. Pemilihan kepengurusan organisasi mahasiswa dilakukan dua tahun sekali untuk PEMA dan setahun sekali untuk HMPS dan UKM serta dengan ketentuan yang diatur STMIK-STIE Mikroskil.

 

Hak Organisasi Mahasiswa STMIK-STIE Mikroskil

Organisasi mahasiswa di STMIK-STIE Mikroskil yang sah akan memperoleh pelayanan dan izin menggunakan fasilitas STMIK-STIE Mikroskil sesuai dengan ketentuan penggunaan fasilitas STMIK-STIE Mikroskil yang berlaku.

 

Kewajiban Organisasi Mahasiswa STMIK-STIE Mikroskil

  1. Organisasi mahasiswa STMIK-STIE Mikroskil mempunyai kewajiban mematuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku di STMIK-STIE Mikroskil.
  2. Organisasi mahasiswa STMIK-STIE Mikroskil wajib melaksanakan kegiatan secara bersungguh-sungguh dan bertanggung jawab serta bermanfaat bagi mahasiswa, baik perorangan maupun kelompok/ organisasinya serta bermanfaat bagi kegiatan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Pada Masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi) di STMIK-STIE Mikroskil.
  3. Organisasi mahasiswa STMIK-STIE Mikroskil wajib mendukung suasana dan proses belajar mengajar yang menunjang keberhasilan Tridarma Perguruan Tinggi di STMIK-STIE Mikroskil.
  4. Organisasi mahasiswa STMIK-STIE Mikroskil wajib menjaga dan menegakkan nama baik serta wibawa STMIK-STIE Mikroskil.
  5. Organisasi mahasiswa STMIK-STIE Mikroskil wajib memberikan laporan secara tertulis kepada Pembantu Ketua III bidang kemahasiswaan selambat-lambatnya 1 (satu) bulan setelah penyelenggaraan setiap kegiatan.

 

Tata Cara Pendirian Organisasi Mahasiswa

  1. Pendirian organisasi mahasiswa STMIK-STIE Mikroskil hanya dimungkinkan sepanjang organisasi tersebut bertujuan mendukung pendidikan di STMIK-STIE Mikroskil dan merupakan wahana pengembangan diri mahasiswa.
  2. Pendirian organisasi diusulkan oleh kelompok mahasiswa STMIK-STIE Mikroskil yang sama dengan mengikuti tata cara sebagai berikut:
    1. Pengajuan proposal pendirian organisasi mahasiswa.
    2. Organisasi mahasiswa STMIK-STIE Mikroskil memiliki anggota sekurang-kurangnya 10 orang yang dinyatakan dengan tanda tangan seluruh anggota dalam surat pernyataan kesediaan menjalankan organisasi mahasiswa.
    3. Mengisi dan melengkapi formulir pendaftaran organisasi mahasiswa yang disediakan oleh Pembantu Ketua III bidang kemahasiswaan.
    4. Memiliki AD/ART.
    5. Daftar riwayat hidup keanggotaan.
    6. Memiliki program kerja (minimal satu semester).
    7. Interview dilakukan oleh Pembantu Ketua III bidang kemahasiswaan untuk mengetahui sejauh mana persiapan dan kesiapan dalam pendirian organisasi mahasiswa tersebut.
  3. Organisasi yang telah memenuhi dan melengkapi persyaratan serta telah dinyatakan sah mempunyai hak dan kewajiban yang sama.

 

Pembiayaan Organisasi

Pembiayaan untuk keperluan organisasi dapat diperoleh dari sumber-sumber keuangan sebagai berikut:

  1. Iuran anggota.
  2. Bantuan yang tidak mengikat.
  3. Dana kemahasiswaan.
  4. Usaha organisasi yang dilakukan secara sah dan legal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Pencabutan Hak Organisasi

STMIK-STIE Mikroskil dalam hal ini Pembantu Ketua III bidang kemahasiswaan dapat mencabut hak organisasi mahasiswa apabila terbukti:

  1. Melakukan kegiatan yang mengganggu keamanan, ketertiban, dan kelancaran pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM) dan hal-hal lain yang merugikan STMIK-STIE Mikroskil.
  2. Melanggar ketentuan dan peraturan STMIK-STIE Mikroskil.
  3. Organisasi yang tidak aktif selama 3 bulan berturut-turut dan atau yang tidak menyampaikan laporan bulanan atau kegiatan.

OUR LOCATION


Kampus A » Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212

Kampus B » Jl. Thamrin No. 140 Medan - 20212

Kampus C » Jl. Thamrin No. 112 Medan - 20212

Nomor Telepon (061) 4573767, Fax. (061) 4567789


Copyright © 2017 STMIK-STIE Mikroskil

OUR PARTNER


FORSEC SAP Microsoft