BERITA

Lolos Seleksi, Tim PHP2D Ikatan Mahasiswa Manajemen (IMM) Universitas Mikroskil (d.h STIE Mikroskil) menjadikan Kampung Nelayan, Medan Belawan sebagai desa binaan

Published: 2021-11-05

Ikatan Mahasiswa Manajemen (IMM) Universitas Mikroskil berhasil lolos mengikuti PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Program ini didukung penuh oleh civitas akademik kampus Universitas Mikroskil, dosen pembimbing yaitu Hanny Siagian, S.E.,M.Si dan staff Universitas Mikroskil sehingga dapat melalui tahap seleksi yaitu, tahap administrasi, tahap substansi hingga tahap presentasi akhir.

Pada kegiatan PHP2D ini, tim IMM menggandeng Kampung Nelayan,Medan Belawan sebagai desa binaan. Dimana pada survei lapangan yang telah dilakukan oleh tim IMM beserta dosen Universitas Mikroskil melihat bahwa ada potensi yang bisa dikembang seperti ikan dan udang untuk dijadikan sebagai produk yang bernilai jual serta memberikan peluang lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Kampung Nelayan, Medan Belawan.

 

 

Dengan mengambil judul “Optimalisasi Potensi SDA Laut dan Hutan Mangrove melalui Perubahan Pola Pikir Masyarakat dalam Meningkatkan Kualitas Hidup di Kampung Nelayan”, diharapkan dapat mengembangkan potensi Kampung Nelayan, Medan Belawan serta menjadikan Kampung Nelayan yang sejahtera, berkualitas dan mandiri melalui hasil pengembangan olahan potensi yang ada di Kampung Nelayan, Medan Belawan.

Dalam pelaksanaan kegiatan, tim Ikatan Mahasiswa Manajemen (IMM) pada sabtu, 30 September 2021 telah melaksanakan kegiatan edukasi kewirausahaan bagi masyarakat sekaligus pengadaan barang untuk pelatihan pembuatan produk olahan ikan. Hal ini menjadi langkah awal bagi tim IMM untuk mendukung dan memotivasi masyarakat agar mengetahui bahwa pentingnya kehidupan yang sejahtera, berkualitas dan mandiri melalui pengembangan produk hasil olahan Kampung Nelayan, Medan Belawan.

“Selain membekali masyarakat dengan edukasi kewirausahaan dan pelatihan pengembangan produk olahan SDA Laut di Kampung Nelayan, kami semua berharap kegiatan ini bisa menjadi sentral produksi melalui UMKM yang akan dibentuk untuk menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat Kampung Nelayan” tutur Ruth Yolanda Sinurat, selaku ketua TIM PHP2D IMM.

Program PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) akan terlaksanakan dalam kurun waktu 5 bulan terhitung hingga Desember 2021. Tim Monev, Tim IMM, institusi serta pemerintah setempat akan melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala pada desa binaan agar program ini tetap berkelanjutan.