BERITA

Universitas Mikroskil Resmikan Desa Binaan Kampung Nelayan Sebrang

Published: 2021-12-04

Universitas Mikroskil bersama Camat Medan Belawan sepakat memberdayakan warga Kampung Nelayan Seberang lewat program Desa Binaan dan Launching produk Kampung Nelayan Seberang di Kelurahan Belawan I Kecamatan Medan Belawan.

Kegiatan yang melibatkan para mahasiswa selama 4 bulan terakhir ini, berhasil memberdayakan warga nelayan dalam memproduksi hasil tangkapan menjadi makanan ringan seperti, abon, kerupuk ikan, bakso dan nuget. Tak hanya itu, PHP2D ini juga mengolah limbah plastik menjadi barang yang bermanfaat dan memiliki nilai jual.

 

 

Rektor Universitas Mikroskil, Dr Pahala Sirait, ST, Kom mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada masyarakat, pemerintah dan lainnya yang membantu dalam program PHP2D ini. “Jadi ada tiga tim yang diturunkan ke sini. Yang pertama, proses pengolahan tangkapan nelayan, lalu ada tim khusus pengolahan produksi dan tim pemasaran,” ujarnya.

Program ini, lanjut Pahala, bertujuan membantu kampung nelayan yang berada di tengah laut. “ Universitas Mikroskil mengembangkan website untuk melakukan pemasaran dan bekerja sama dengan online shop lainnya. Karena apa pun yang dihasilkan dari produksi pasti memiliki limbah, maka kami juga mengelola limbah sampah sehingga kampung nelayan tetap bersih dan tentunya meningkatkan kesehatan masyarakat,” ungkapnya

Sementara itu, Camat Medan Belawan, Subhan F Harahap turut menandatangani MoU bersama Universitas Mikroskil dalam mengembangkan hasil dari Kampung Nelayan Seberang mengatakan bahwa kegiatan ini sangat didukung, apalagi untuk kepentingan masyarakat.

 

 

“Kita mendukung kegiatan positif yang dihasilkan masyarakat. Ini juga membantu mendongkrak ekonomi. Nantinya kita akan coba juga untuk membantu pengurusan izin nya baik label halal dan lainnya,” bebernya.