Raih Pendanaan PKKM Tahun 2024, Universitas Mikroskil Tingkatkan Fokus pada Pengembangan Kurikulum Data Science

Universitas Mikroskil > Berita Umum > Raih Pendanaan PKKM Tahun 2024, Universitas Mikroskil Tingkatkan Fokus pada Pengembangan Kurikulum Data Science

Universitas Mikroskil, melalui Program Studi S-1 Teknik Informatika, telah menjadi salah satu perguruan tinggi yang menerima pendanaan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun 2024. Universitas Mikroskil berhasil melewati seleksi administrasi, seleksi substansi, dan verifikasi kelayakan proposal yang berjudul “Peningkatan Daya Saing Lulusan Program Studi Teknik Informatika melalui Optimalisasi Pembelajaran dalam Bidang Sains Data. Verifikasi kelayakan berlangsung pada tanggal 8 – 9 Maret 2024 di El Hotel Kelapa Gading Jakarta oleh Unit Pengelola PPKM Universitas Mikroskil bersama evaluator Diktiristek.

PKKM merupakan program dari Ditjen Diktiristek, baik untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ataupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS), dalam bentuk kompetisi terbuka dengan sistem seleksi berkelompok. Program ini berupaya mendorong, memfasilitasi, dan mempercepat perguruan tinggi dalam menerapkan kebijakan Kampus Merdeka serta mencapai 8 Indikator Kinerja Utama (IKU). Oleh karena itu, hal ini menjadi kesempatan bagi Universitas Mikroskil untuk memaksimalkan, memberikan layanan terbaik bagi para mahasiswa, serta mencapai visi sebagai institusi pendidikan unggulan di bidang teknologi informasi.

Pendanaan tersebut menjadi sumber dukungan untuk menciptakan dampak positif kepada institusi, terutama mahasiswa dan dosen, dimana salah satunya adalah pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), peningkatan kualitas dosen melalui pelatihan dan lokakarya, pengembangan kemitraan dengan DUDI, serta peningkatan kompetensi mahasiswa melalui program MBKM.

Hal tersebut berperan penting terhadap terciptanya pembelajaran lebih berkualitas, termasuk langkah-langkah menuju kurikulum mutakhir, pengalaman belajar realistis, keterampilan yang dibutuhkan industri, peluang penelitian yang luas, dan kemudahan menjangkau teknologi terbaru. Dampak jangka panjang dari upaya ini adalah peningkatan signifikan pada jumlah lulusan kompeten di bidang teknologi, memicu inovasi, dan kemajuan teknologi di berbagai sektor, khususnya bidang informatika.

Selain itu, pada tanggal 7 Mei 2024 di Hotel Ciputra Jakarta, diadakan Workshop Implementasi dan Penyerahan Dokumen Pencairan Dana PKKM Tahun Pertama Tahun Anggaran 2024. Materi yang disampaikan kepada seluruh perwakilan perguruan tinggi meliputi implementasi Program Kompetisi Kampus Merdeka Tahun Pertama Tahun Anggaran 2024 serta pengajuan izin pembelian barang impor dalam rangka PKKM 2024.

Dengan diraihnya pendanaan ini, Universitas Mikroskil turut berkomitmen untuk menyelaraskan visi dan tujuan PKKM Tahun 2024, yakni transformasi pendidikan tinggi guna meningkatkan daya saing bangsa melalui jalinan kerja sama erat bersama DUDI dan Top World University. Ucapan selamat turut diberikan atas pencapaian yang tak lepas dari dedikasi dan kerja keras sivitas akademika Universitas Mikroskil, sejak tahap pengajuan proposal hingga pengumuman penetapan penerima bantuan pendanaan PKKM Tahun 2024.

Related Posts

Leave a Reply