UNIVERSITAS MIKROSKIL GELAR UJI PUBLIK CALON PANITIA SELEKSI SATGAS PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN SEKSUAL (PPKS)

Universitas Mikroskil > Berita Umum > UNIVERSITAS MIKROSKIL GELAR UJI PUBLIK CALON PANITIA SELEKSI SATGAS PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN SEKSUAL (PPKS)

Universitas Mikroskil telah menyelenggarakan Uji Publik untuk Calon Panitia Seleksi (Capansel) Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) pada tanggal 29 Juni 2024 bertempat di Hall Universitas Mikroskil. Kegiatan Uji Publik ini diikuti oleh 8 orang Capansel yang telah lulus dari Pelatihan PPKS dari Kemendikbudristek. Kegiatan Uji Publik ini juga dihadiri oleh beberapa elemen, yaitu tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan mahasiswa Universitas Mikroskil. Hadir pula perwakilan dari Bagian Kemahasiswaan sebagai tamu undangan.

Kegiatan Uji Publik ini dibuka dengan sambutan dari Sekretaris Universitas Mikroskil, Bapak Djoni, S.Kom., M.T.I. yang mengatakan bahwa kegiatan uji publik ini sebagai implementasi dari Permendikbudristek No. 30 tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual. Menurut Pak Djoni, Perguruan Tinggi punya peran sangat penting untuk melakukan pencegahan kekerasan seksual dan uji publik ini sebagai langkah awal untuk membentuk Satgas PPKS.  Kekerasan seksual ini dapat diumpamakan sebagai gunung es. Ada banyak kasus kekerasan tetapi hanya sedikit yang tampak bahkan sebagian besarnya tenggelam tanpa ditindaklanjuti. Fenomena gunung es ini terjadi salah satunya karena stigma negatif yang menyelubungi kasus kekerasan seksual, menyebabkan para korban takut dan memilih berdiam diri atau bahkan dibungkam oleh orang-orang di sekitarnya.

Dalam kegiatan ini, turut diundang panelis yang berprofesi sebagai Psikolog dan Dosen pada Universitas Nomensen yaitu Ibu Dr. Karina M. Brahmana, M.Psi, Psikolog dan juga sebagai panelis internal adalah Bapak Djoni, S.Kom., M.T.I.

Dalam Uji Publik tersebut, 8 orang Calon Panitia Seleksi Satgas PPKS sudah mempresentasikan pendapatnya terkait kekerasan seksual dan mendapatkan masukan-masukan dari tim panelis maupun undangan yang hadir.

Ibu Dr. Karina M. Brahmana, M.Psi, Psikolog juga mengapresiasi Universitas Mikroskil sebagai salah satu universitas swasta yang telah memulai proses untuk pembentukan Satgas PPKS ini.

Adapun Calon Panitia Seleksi terdiri dari:

  • Pioner Pelawi, S.E., M.Si. (Dosen tetap)
  • Hita, S.Kom., M.TI. (Dosen tetap)
  • Joy Nasten Sinaga, S.Kom., M.Kom. (Dosen tetap)
  • Yetti Relitna, S.E. (Tenaga kependidikan)
  • Nico Ardianto Hasugian, S.Kom. (Tenaga kependidikan)
  • Devi Putriani Sinaga (Mahasiswa Prodi Teknik Informatika)
  • Richelle Vania Thionanda (Mahasiswa Prodi Sistem Informasi)
  • Angel Monika Kristi Samosir (Mahasiswa Prodi Akuntansi)

Tim Penilai akan memilih 3, 5, atau 7 orang yang terdiri dari elemen tenaga Dosen, Tenaga kependidikan, dan mahasiswa untuk menjadi Panitia Seleksi Satgas PPKS yang bertugas membentuk Satuan Tugas PPKS di Universitas Mikroskil

Related Posts

Leave a Reply