Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Pada Wimano Textile

Carvien Kenniji, Marniat Wati Gulo, Rika Melani Sitorus, Florida N.S. Damanik, Sunaryo Winardi

Abstract


Wimano Textile merupakan toko yang menjual produk tekstil yang berbentuk kain yang biasa dijadikan sebagai bahan pembuatan pakaian jadi yang berada di kota Gunungsitoli. Wimano tekstil masih memiliki kekurangan dalam manajemen persediaan barang sehingga mengakibatkan beberapa masalah yaitu kesulitan dalam mengetahui informasi barang, kesulitan mengetahui informasi mengenai sisa stok yang masih ada di toko atau gudang, kesulitan menghafal harga setiap barang, dan kesulitan dalam pencatatan barang yang sedang di retur atau sudah di retur. Penelitian ini bertujuan untuk mendukung kegiatan operasional pembelian, persediaan dan penjualan pada toko Wimano Textile. Hasil dari penulisan ini adalah perancangan sistem pembelian barang, retur barang, penjualan barang, informasi persediaan sisa stok barang

Keywords


persediaan barang; pembelian; penjualan

Full Text:

PDF PDF PDF

References


F. Barbara, “Textiles: Purpose, Types & Examples,” Study.com, 22 January 2022. [Online]. Available: https://study.com/academy/lesson/what-are-textiles.html. [Diakses 10 April 2023].

K. Cornellier, “Definition of Textile: What Is The Difference To Fabric?,” 17 Maret 2020. [Online]. Available: https://www.contrado.co.uk/blog/definition-of-textile/. [Diakses 10 April 2023].

R. Tarigan dan B. Raharjo, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG PADA BALAI BESAR PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN,” JSiL|Jurnal Sistem Informasi, vol. VIII, no. 1, pp. 31-42, 2021.

A. G. Gani, “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG PADA TOKO XYZ,” Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, pp. 11-21, 2014.

I. Pradesan, “Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Persediaan Barang Dagang,” JuSiTik: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi, vol. II, no. 2, 2019.

N. Azis, ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI, Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada, 2022.

M. S. Novendri, A. Saputra dan C. E. Firman, “APLIKASI INVENTARIS BARANG PADA MTS NURUL ISLAM DUMAI MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL,” Lentera Dumai, vol. 10, no. 2, pp. 49-57, 2019.

M. Muller, Essentials of Inventory Management, United States of America: HarperCollins Leadership, 2019.

R. Vikaliana, Y. Sofian, N. Solihati, D. B. Adji dan S. S. Maulia, MANAJEMEN PERSEDIAAN, Bandung: MEDIA SAINS INDONESIA, 2020.

Hasdiana, “Teknik Kriya,” dalam Kriya Tekstil Harapan, Gorontalo, Ideas Publishing, 2017, pp. 9-12.




DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v24i2.1001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.