Evaluasi Usability Aplikasi Shopee pada Proses Pembelian Online Dengan Metode User Centered Design

Ridho Arjuna Sihombing, Nicholas Adriel Rumapea, Johan Crespo Tarigan, Felix Pandi, Frans Mikael Sinaga

Abstract


Abstrak

E-commerce adalah sebuah konsep yang menggambarkan proses pembelian, penjualan, atau pertukaran produk jasa dan informasi melalui jaringan internet. Proses pembelian pada aplikasi e-commerce melibatkan banyak tahapan dan informasi yang harus dipahami oleh pengguna. Pertumbuhan e-commerce yang terus meningkat di Indonesia membuat Shopee meramaikan industri ini. Namun berdasarkan review aplikasi Shopee di Play Store banyak pengguna mengeluh tentang keterbatasan dalam pemilihan pembayaran melalui dompet digital seperti OVO, Dana, dan Gopay. Oleh sebab itu akan dilakukan sebuah penelitian dengan tujuan untuk menganalisis tingkat usability dari aplikasi Shopee menggunakan Metode User Centered Design (UCD) untuk mengetahui fungsionalitas dari aplikasi-aplikasi tersebut dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Pada penelitian ini, penulis mengambil populasi jumlah Mahasiswa Universitas Mikroskil yang tercatat di PDDIKTI tahun 2021/2022 dengan total jumlah sebanyak 3.602 Mahasiswa dengan sampel yang digunakan sebesar 103 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada nilai rata-rata sebesar 4,61 (dibulatkan 5) responden sangat setuju dengan adanya fitur metode pembayaran menggunakan dompet digital seperti OVO, DANA dan Gopay


Keywords


E-commerce, Evaluasi Usability, Shopee, Metode User Centered Design

Full Text:

PDF

References


A. Salsabila Putri and R. Zakaria, “Analisis Pemetaan E-Commerce Terbesar Di Indonesia Berdasarkan Model Kekuatan Ekonomi Digital,” Semin. dan Konf. Nas. IDEC , vol. 1, no. November, pp. 1–14, 2020.

N. M. M. D. T. Theresia and I. M. Wardana, “Pengaruh Pengalaman Belanja Online, Kepuasan Pelanggan, Dan Adjusted Expection Terhadap Niat Membeli Kembali Melalui Traveloka,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 8, no. 8, p. 4899, 2019, doi: 10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p07.

A. P. Ayudhitama and U. Pujianto, “Analisa Kualitas Dan Usability Berdasarkan Persepsi Pada Website Shopee,” J. Inform. Polinema, vol. 6, no. 1, pp. 61–70, 2020, doi: 10.33795/jip.v6i1.275.

A. A. Shobron, “Analisis Usabilitas E-Commerce Dengan Metode Use Questionaire Dan Performance Measurement,” pp. 9–25, 2021.

M. Ningsih and A. Muzakir, “Mengevaluasi User Interface Untuk Meningkatakan User Experience (Ux) Menggunakan Metode System Usability Scale (Sus),” Bina Darma Conf. Comput. Sci., pp. 365–374, 2021.

F. G. Sembodo, G. F. Fitriana, and N. A. Prasetyo, “Evaluasi Usability Website Shopee Menggunakan System Usability Scale (SUS),” J. Appl. Informatics Comput., vol. 5, no. 2, pp. 146–150, 2021, doi: 10.30871/jaic.v5i2.3293.

O. Lengkong, S.Kom., M.Ds., M. D. Tumewu, and N. T. T. Lumintang, “Analisis Usability Pada Aplikasi M-Commerce Tokopedia Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan USE (Usefulness, Satisfaction, Ease of Use) Questionnaire,” CogITo Smart J., vol. 7, no. 1, pp. 182–192, 2021, doi: 10.31154/cogito.v7i1.311.182-192.

D. Ariska and S. Nurlela, “Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Infortech, vol. 4, no. 2, pp. 86–91, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech/article/view/13234%0Ahttps://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech/article/download/13234/5717

T. K. Ahsyar, A. Jakawendra, and S. Syaifullah, “Analisa Usability Website Berita Online Menggunakan Metode User Centered Design,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 165–172, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/9822

I. S. Y. Saputri, M. Fadli, and I. Surya, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Metode UCD (User Centered Design) Berbasis Web,” J. Aksara Komput. Terap., vol. 6, no. 2, pp. 269–278, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jakt/article/view/1378

H. Bastian and G. E. Saputro, “Desain User Interface Game Fairplay Poker Menggunakan Metode Ucd (User Centered Design),” ANDHARUPA J. Desain Komun. Vis. Multimed., vol. 7, no. 01, pp. 122–130, 2021, doi: 10.33633/andharupa.v7i01.4247.

A. Yunus, “Perancangan Desain User Interface Pada Aplikasi Siakad Dengan Menggunakan Metode User Centered Design.,” J. user Interface, vol. 1, p. 95, 2018, [Online]. Available: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3143/1/14410100068-2018-STIKOMSURABAYA.pdf

Gebriana Pardede Ruth, “EVALUASI USABILITY MOBILE APPLICATION TOKOPEDIA DENGAN PENDEKATAN USER EXPERIENCE,” 2019.

Y. Yadi, “Analisa Usability Pada Website Traveloka,” J. Ilm. Betrik, vol. 9, no. 03, pp. 172–180, 2018, doi: 10.36050/betrik.v9i03.43.

I. Larasati, “Evaluasi Penggunaan Website Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Dengan Menggunakan Metode Usability Testing,” Comput. J. Comput. Sci. Inf. Syst., vol. 4, no. 1, p. 68, 2020, doi: 10.24912/computatio.v4i1.6689.

L. Amanda, F. Yanuar, and D. Devianto, “Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang,” J. Mat. UNAND, vol. 8, no. 1, p. 179, 2019, doi: 10.25077/jmu.8.1.179-188.2019.

A. Syahputra, “Perancangan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Iqro’ Menerapkan Konsep User Centered Design,” Jurteksi (Jurnal Teknol. Dan Sist. Informasi), vol. 3, no. 2, pp. 117–129, 2018.

B. V. Haekal, I. Ernawati, and N. Chamidah, “Klasifikasi Kepuasan Pengguna Layanan Aplikasi Shopee Menggunakan Metode Decision Tree C4.5,” Inform. J. Ilmu Komput., vol. 17, no. 3, p. 188, 2021, doi: 10.52958/iftk.v17i3.3648.

D. Pranitasari and A. N. Sidqi, “Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius,” J. Akunt. dan Manaj., vol. 18, no. 02, pp. 12–31, 2021, doi: 10.36406/jam.v18i02.438.




DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v24i2.1023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.