Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 2019 Domain BAI03 (Studi Kasus: PT. Berlian Tangguh Sejahtera)

Shella Yolanda, Hendra Hendra, Hita Hita, Tri Wulandari Ginting

Abstract


Audit tata kelola TI pada PT. Berlian Tangguh Sejahtera menggunakan framework COBIT 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kemampuan dan kematangan tata kelola TI perusahaan, dengan fokus pada domain BAI03. Penelitian ini mengungkapkan bahwa implementasi sistem ERP telah membantu pengelolaan data dan informasi perusahaan, serta meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas. Namun, perhatian khusus diberikan pada pengelolaan biaya entertainment yang saat ini belum memiliki pengelolaan khusus dan standar yang jelas. Hasil audit menunjukkan bahwa tingkat kemampuan tata kelola TI pada domain BAI03 berada pada level 2 dan hasil maturity level berada pada tingkat "managed" memiliki arti bahwa perusahaan telah melakukan perencanaan dan penilaian kinerja, namun masih perlu melakukan standarisasi terhadap proses bisnis yang dilakukan. Berdasarkan hasil analisis gap, peneliti merekomendasikan pengembangan kembali sistem yang sudah ada sebagai benchmark untuk mencapai tingkat kemampuan yang diharapkan. Rekomendasi ini akan membantu perusahaan meningkatkan tata kelola TI, mengoptimalkan pengelolaan biaya entertainment, dan meningkatkan efisiensi serta efektivitas operasional secara keseluruhan.


Keywords


Audit, Teknologi Informasi, COBIT 2019, Biaya Entertainment, BAI03

Full Text:

PDF

References


D. D. Lanter, COBIT 2019 Framework Intoduction and Methodology, ISACA, 2019.

A. M. Fikri, H. S. Priastika, N. Octaraisya, S. and L. H. Trinawati, "Rancangan Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 2019 (Studi Kasus: PT XYZ)," Information management for educators and profesionals, vol. 5, no. 1, pp. 1-14, 2020.

T. M. Insani, S. and A. Ikhwan, "IMPLEMENTASI FRAMEWORK COBIT 2019 TERHADAP TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA BALAI PENELITIAN SUNGEI PUTIH," Jurnal Teknik Informatika Kaputama, vol. 6, no. 1, pp. 50 -60, 2022.

H. and W. , "AssessmentCapabilityLeveldan Maturity LevelTata Kelola TI pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung Menggunakan Framework COBIT 2019," KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informas, vol. 2, no. 2, pp. 229 - 240, 2022.

a. M. Syuhada, "KAJIAN PERBANDINGAN COBIT 5 DENGAN COBIT 2019 SEBAGAI FRAMEWORK AUDIT TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI," Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 6, no. 1, pp. 30-39, 2021.

M. S. Nalenan, Y. Payong and S. , "ANALISISTATA KELOLA SISTEMINFORMASI MANAJEMENRUMAH SAKIT UMUMDAERAHPROF. DR. W.Z. JOHANNESKUPANGMENGGUNAKANCOBIT5 FRAMEWORK," HOAQ: JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI, vol. 12, no. 2, pp. 89-101.




DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v24i2.1035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.