Analisis Persepsi Penggunaan Terhadap Aplikasi Lichess Dengan Model Utaut 3
Abstract
Salah satu contoh perkembangan teknologi dalam dunia game, seperti aplikasi catur online Lichess. Aplikasi Lichess penting dalam pertandingan catur onsite yang beralih menjadi turnamen catur online terutama pada masa pademi covid-19, sehingga olahraga catur tetap aktif. Penelitian ini menggunakan model UTAUT-3 yang merupakan pengembangan dari model UTAUT-2 dengan adanya satu variabel baru yaitu Personal innovativeness dan dihilangkannya variabel moderasi. Dalam UTAUT-3 penelitian ini menggunakan variabel intervening sebagai variabel mediasi untuk mengukur keberhasilan penggunaan aplikasi Lichess. Behavioral Intention sebagai variabel intervening berfungsi untuk menjelaskan bagaimana memediasi hubungan antara variabel independen dan dependen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan tools analisis Partial Least Square - Structural Equation Model (PLS-SEM) dan aplikasi pengolahan data smartpls. Responden dalam penelitian ini adalah atlet catur sumut sebanyak 167 responden. Hasil penelitian ini menemukan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan antar hubungan secara langsung dan tidak langsung sebagai variabel (intervening) dalam menganalisis penerimaan penggunaan aplikasi lichess terhadap atlet catur Provinsi Sumatera Utara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
M. S. Farooq, “Interactive Technology and Smart Education Article Title Page,” Interact. Technol. Smart Educ., vol. 15, no. 1, 2017.
A. Gunasinghe, J. A. Hamid, A. Khatibi, and S. M. F. Azam, “The adequacy of UTAUT-3 in interpreting academician’s adoption to e-Learning in higher education environments,” Interact. Technol. Smart Educ., vol. 17, no. 1, pp. 86–106, 2020, doi: 10.1108/ITSE-05-2019-0020.
N. Aemy and M. Al-Husaini, “CHESTEGA: Steganografi Menggunakan Standar PGN dalam Permainan Catur Berbasis Web,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 11, no. 3, p. 515, 2023, doi: 10.26418/justin.v11i3.66716.
X. D. Crystallography, “EL AJEDREZ COMO HERRAMIENTA PARA APROVECHAMIENTO DEL TIEMPO LIBRE EN ESTUDIANTES DE BÁSICA SECUNDARIA, MEDIANTE EL USO DE APLICACIÓN LICHESS,” pp. 1–23, 2021.
lichess, “About lichess.org,” 2010. https://lichess.org/about (accessed Nov. 19, 2023).
A. Cláudio and S. Brígida, “FUNCTIONAL ANALYSIS OF THE LICHESS WEBSITE AND THE FEASIBILITY FOR BLENDED [1] A. Cláudio and S. Brígida, ‘FUNCTIONAL ANALYSIS OF THE LICHESS WEBSITE AND THE FEASIBILITY FOR BLENDED LEARNING,’ 2022.LEARNING,” 2022.
W. P. Lina Zulaikah and Lutfia Septiningrum, “Evaluasi Kesuksesan Implementasi Sap Di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Model Utaut 3 Pada Pt. Kai,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 8, no. 1, pp. 242–253, 2023, doi: 10.29100/jipi.v8i1.3278.
RIZKI PUJI LESTARI, “Penerapan Model UTAUT-3 dalam menganalisis adopsi teknologi E-Learning pada mahasiswa di UIN Sunan Ampel Surabaya,” 2021, [Online]. Available: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50853
F. Fatahudin, “Adopsi model utaut3 pada nasabah pengguna Mobile Banking perbankan syariah Indonesia dimasa pandemik covid-19,” 2020.
F. A. Asanka Gunasinghe, Junainah Abd Hamid, Ali Khatibi and S.M, “The viability of UTAUT-3 in understanding the lecturer’s acceptance and use of virtual learning environments,” Int. J. Technol. Enhanc. Learn., vol. 12, no. 4, pp. 458–481, 2020, doi: 10.1504/IJTEL.2020.110056.
D. R. Rahadi, “Pengantar Partial Least Squares Structural Equation Model (PLS-SEM),” CV. Lentera Ilmu Madani, no. August, 2023.
DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v25i2.1402
Refbacks
- There are currently no refbacks.