Analisis Kesuksesan Penerapan Sistem Informasi Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) pada SD Kabupaten Batu Bara

Roni Yunis, Fauziatul Laila Ibsah, Desi Arisandy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji model kesuksesan sistem informasi yang dikemukan oleh Delone dan Mclean. Objek dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Dapodik pada SD Kabupaten Batu Bara, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Operator Sekolah selaku pengguna sistem. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotionate stratified random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 80 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah analisis jalur serta tool yang digunakan dalam pengolahan data adalah software SPSS 20. Berdasarkan hasil analisis jalur dari penelitian ini menemukan empat hubungan antar variabel yang berpengaruh signfikan dan memiliki hubungan positif yakni hubungan 1) kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna, 2) kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna, 3) kepuasan pengguna terhadap dampak individu, 4) kualitas informasi terhadap dampak individu yang dimediasi oleh kepuasan pengguna. Dan tiga hipotesis dari penelitian ini ditolak antara lain; 1) kualitas informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, 2) kualitas informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap dampak individu yang dimediasi oleh kepuasan pengguna, 3) kualitas layanan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap dampak individu yang dimediasi oleh kepuasan pengguna.

Keywords


model kesuksesan sistem informasi, delone dan mclean, dapodik, analisis jalur

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v18i1.461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.