Pengaruh Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Terhadap Prestasi Belajar Pemrograman Web Dinamis Siswa Kelas XI SMK Negeri 8 Semarang

Rully Ihza Mahendra, Djuniadi Djuniadi, Putri Khoirin Nashiroh

Abstract


Pada perkembangan teknologi yang semakin pesat di abad ke-21 ini, sebagai calon programmer, siswaSMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak seharusnya memiliki keterampilan yang baik dalam prosesmengembangkan aplikasi web dengan cara mengetahui dan menguasai dasar-dasar pemrogramanuntuk dapat menciptakan web yang dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhantara hasil belajar mata pelajaran Pemrograman Dasar terhadap hasil belajar mata pelajaranPemrograman Web Dinamis siswa kelas XI SMK Negeri 8 Semarang. Analisis dilakukan menggunakanmetode regresi linear sederhana dengan bantuan software IBM SPSS versi 25 dengan populasi siswakelas XI SMK Negeri 8 Semarang. Pada hasil analisis regresi linear sederhana, menyatakan nilaisignifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Dari nilai signifikansi 0,001 < 0,05, menunjukan bahwa terdapatpengaruh yang signifikan antara hasil belajar mata pelajaran Pemrograman Dasar terhadap hasilbelajar Pemrograman Web Dinamis.


Keywords


Pengaruh, Pemrograman, Pemrograman Dasar, Web Dinamis, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v21i1.698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.