Rancang Bangun Aplikasi Watermarking pada Gambar dengan Algoritma Digital Semipublic
Abstract
Sasaran watermarking adalah untuk menyembunyikan pesan (cover message). Pada skema public watermarking, tidak memungkinkan seseorang untuk mendeteksi watermarking apabila telah terjadi pergantian terhadap watermarking. Selain itu, pada skema public watermarking, cover message tidak dapat di-recover kembali. Sedangkan, pada skema private watermarking, untuk dapat mendeteksi watermarking, maka seseorang harus mengetahui kunci privat yang bersesuaian. Kedua skema tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Skema watermarking (WM) yang bersifat semi publik, dapat digunakan kunci privat untuk mendeteksi watermark apabila telah terjadi penyerangan terhadap watermarking dan kunci privat dapat digunakan mengekstrak kembali cover message. Proses pembentukan watermarking dimulai dari proses pembacaan piksel citra, kemudian dilakukan perhitungan nilai stegomessage yang akan disisipkan dan proses penyisipan semua nilai yang diperlukan dalam proses pengecekan watermarking. Apabila terjadi penyerangan, maka pada saat pembentukan watermarking, akan dilakukan perhitungan nilai noise tertentu (secara acak) yang akan disisipkan ke dalam citra. Setelah proses pembentukan watermarking, maka dilanjutkan dengan proses pengecekan watermarking dan proses ekstraksi pesan. Aplikasi ini mampu menghasilkan watermarking yang disisipkan pada citra input dan proses pengecekan watermarking yang telah disisipkan. Selain itu juga mampu menghasilkan proses perhitungan dari tahapan pembentukan dan pengecekan watermarking, serta tersedia juga fasilitas untuk melakukan penyerangan terhadap skema.
Keywords
watermarking, kunci public, cover message, data digital
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v13i2.73
Refbacks
- There are currently no refbacks.