Aplikasi Pembelajaran Penyortiran Menggunakan Algoritma Super Sort Berbasis Mobile
Abstract
Aplikasi pembelajaran untuk masalah algoritma pengurutan telah banyak diciptakan untuk menyelesaikan masalah pengenalan algoritma-algoritma tersebut yang terbilang sulit kepada khalayak yang lebih luas. Akan tetapi algoritma penyortiran yang dipakai kebanyakan adalah algoritma yang sering dijumpai. Padahal banyak algoritma pengurutan yang terbilang baru dan lebih efisien untuk dipelajari. Salah satunya adalah algoritma super sort.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi pembelajaran algoritma super sort berbasis mobile. Algoritma super sort akan diajarkan dalam bentuk materi dan simulasi yang dapat diakses dan digunakan oleh pengguna. Simulasi pengajaran algoritma yang dibuat akan menyangkut semua proses yang terjadi pada algoritma super sort.
Pengujian terhadap aplikasi akan menggunakan black box testing. Metode black box testing yang digunakan berupa equivalence partioning, boundary value analysis dan error guessing. Ketiga metode yang telah dilakukan terhadap aplikasi menghasilkan sebuah kesimpulan berupa semua simulasi yang telah diimplementasikan didalam aplikasi pembelajaran telah layak digunakan karena mempuyai persentase keberhasilan sebesar 91.7 % dari semua pengujian yang telah dilakukan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Yahaya, N. S. & Salam, S. N. A., 2014. Mobile Learning Application for Children: Belajar Bersama Dino. Procedia - Social and Behavioral Sciences, Juni, Volume 155, hal. 398-404.
Taurusta, C. & Findawati, Y., 2017. Rancang Bangun Game Algoritma dan Struktur Data Berbasis Role Playing Game (RPG) Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. KINETIK, Agustus, 2(3), hal. 175-188.
Cormen, T. H., Leiserson, C. E., Rivest, R. L. & Stein, C., 2009. Introduction to Algorithms. 3rd ed. Massachusetts: Massachusetts Institute of Technology.
Jabar, A. A. & Anas, A. S., 2019. Aplikasi Belajar Interaktif Algoritma Sorting Berbasis Desktop. Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, Mei, 1(1), hal. 23-29.
Gugale, Y., 2018. Super Sort Sorting Algorithm, 2018 3rd International Conference for Convergence in Technology (I2CT), Pune, April 6-8.
Pereira, S. D. et al., 2021. Advances in Intelligent Systems and Computing volume 1177, Springer, Singapore.
Sedgewick, R., 1978. Implementing Quicksort programs. Communications of the ACM, 21(10), hal. 847-857.
Kalvslund, B., 2018. Bubble Sort - play with the algorithm (Version 1.0). [Online]
Available at: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bkalvslund.Bubblesort&hl=in
[Accessed 7 Agustus 2020].
Hidayat, A. & Utomo, V. G., 2014. Implementing Code Igniter Framework in Open Source Mobile Learning Application. International Journal of Computer Applications, 1 1, 108(18), pp. 9-14.
Hashim, A. S., Ahmad, W. F. W. & Rohiza, A., 2010. A study of design principles and requirements for the m-learning application development. Shah Alam, IEEE, pp. 226-231.
Qian, X. j. & Xu, J. b., 2011. Optimization and implementation of sorting algorithm based on multi-core and multi-thread. Xi'an, IEEE.
Kusmira, M., Mulyani, Y. S. & K., 2015. Komparasi Algoritma Quicksort dan Bucket Sort Pengurutan Data Integer Menggunakan Bahasa C++. Tasikmalaya, Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (KNiST), pp. 139-144.
Cormen, T. H., Leiserson, C. E., Rivest, R. L. & Stein, C., 2009. Introduction to Algorithms. 3rd ed. Massachusetts: Massachusetts Institute of Technology.
Naik, K. & Tripathy, P., 2008. Software Testing and Quality Assurance: Theory and Practice. 1st ed. Hoboken: John Wiley & Sons.
Roman, A., 2018. A Study Guide to the ISTQB® Foundation Level 2018 Syllabus. 1st ed. Cham: Springer.
Wamiliana, Kurniasari, D. & Rokhman, F., 2013. Implementasi Metode Dynamic Programming. Jurnal Komputasi, 1(1), pp. 10-14.
Graham, D., Veenendaal, E. v., Evans, I. & Black, R., 2006. Foundations of Software Testing: ISTQB Certification. s.l.:Thomson.
DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v22i1.771
Refbacks
- There are currently no refbacks.