Pengembangan Model Perangkat Ajar Berbasis Animasi Studi Kasus: Mata Ajar Biologi pada SMP YASPIA dan SMK Bina Manajemen Cakung Jakarta Timur

Tri Pujadi, Harisno Harisno

Abstract


Penggunaan internet di lingkungan sekolah telah cukup maju; namun pemanfaatannya?  untuk mendukung proses belajar belum maksimal diantaranya karena kemampuan membuat bahan ajar yang berbasis teknologi oleh para guru masih sangat beragam. Oleh sebab itu, maka guru?  perlu mempelajari cara membuat materi ajar (learning object) yang baik; diantaranya materi berbasis animasi. Materi ajar yang baik dan dikemas dalam sebuah aplikasi sistem belajar berbasis animasi, memungkinkan para siswa secara interaktif belajar mandiri dan melakukan test evaluasi hasil belajar sendiri terhadap penguasaan sebuah pelajaran. Pada awalnya pengembangan materi ajar ini akan menggunakan Power Point, dilengkapi dengan audio/video. Adapun pengembangan model aplikasinya menggunakan metode Interactive Multimedia System Design and Development meliputi tahap (1) System Requirements, (2) Design Considerations, (3) Implementation, (4) Evaluation. Metode perancangan user interface menggunakan prinsip Eight Golden Rules of Interface Design. Sebagai uji kasus, dipilih mata ajar Biologi pada sekolah SMP Yaspia dan SMK Bina Manajemen. Hasilnya responden menyimpulkan bahwa modul aplikasi ini dapat mendukung siswa dalam mendapatkan kelengkapan data yang dibutuhkan. Sedangkan tutorial yang ada cukup mempermudah siswa dalam memahami materi.


Keywords


animasi, learning objects , interactive learning, learning process

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v13i2.80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.