Aplikasi Penyedia Lowongan Pekerjaan dan Pelatihan Bagi Mantan Narapidana Berbasis Web

Muhammad Amru Salim, Berkat Jaya Harefa, Felix Felix, Albert Prima Laia

Abstract


Menyandang predikat sebagai mantan narapidana merupakan beban tersendiri yang akan dipikul oleh seorang mantan narapidana. Hal tersebut karena adanya stigma negatif yang muncul dari masyarakat yang membuat orang-orang dengan status mantan narapidana harus bisa beradaptasi lagi dan memiliki kekuatan untuk bertahan dari kesulitan dalam kehidupan sosial. Salah satu wujud penolakan dan pengucilan masyarakat terhadap mantan narapidana adalah dalam hal pencarian pekerjaan. Pada umumnya salah satu syarat melamar pekerjaan, seorang pelamar tidak pernah melakukan suatu tindak pidana. Hal inilah yang membuat mantan narapidana sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah aplikasi web yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan freelance dan pelatihan soft skill dan hard skill bagi mantan narapidana secara online. Dimana aplikasi ini menawarkan pekerjaan dan pelatihan dari berbagai sumber yang memberikan mantan narapidana kesempatan untuk bekerja maupun pelatihan untuk meningkatkan kemampuan bekerja mereka. Sistem aplikasi penyedia lowongan pekerjaan dan pelatihan ini dikembangkan dengan motodologi waterfall, dan dibangun dengan bahasa PHP, framework laravel dan Mysql untuk basis datanya. Aplikasi ini dapat menghubungkan antara mantan narapidana dengan penyedia lowongan pekerjaan dan pelatihan kapanpun dan dimanapun mereka berada. Mantan narapidana bisa mengakses semua informasi lowongan pekerjaan dan pelatihan yang bisa mereka ikuti secara akurat karena informasi yang tersedia senantiasa diperbaharui.

Keywords


Mantan Narapidana; Lowongan Kerja; Pelatihan; Web

Full Text:

PDF

References


W. D. Lestari, D. Budimansyah and Wilodati, "Pola Adaptasi Mantan Narapidana Dalam Kehidupan Bermasyarakat," vol. VI, 2017.

B. Bukhori, "Pengembangan Social Skill Narapidana Melalui Pelatihan Pijat," vol. XVI, pp. 49-66, 2016.

W. Fristian, V. S. Darvina.S and Sulismadi, "UPAYA PENYESUAIAN DIRI MANTAN NARAPIDANA DALAM MENANGGAPI STIGMA NEGATIF DI KECAMATAN KLAKAH, LUMAJANG," Hukum Dan Kemanusiaan, vol. XIV, pp. 101-120, 2020.

M. K. Utama and D. K. Dewi, "Life History Proses Perubahan Diri Mantan Narapidana Residivis," Psikologi Teori Dan Terapan, vol. VI, pp. 18-33, 2015.

Ditjenpas, "Sistem data Permasyarakatan," 2020. [Online]. Available: http://smslap.ditjenpas.go.id/public/grl/current/monthly/year/2020/month/8. [Accessed 3 Agustus 2020].

70MillionJobs, "70 Million Jobs," 2019. [Online]. Available: https://www.70millionjobs.com/. [Accessed 3 Agustus 2020].

Z. Akhyar, H. Matnuh and M. Najibuddin, "PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP MANTAN NARAPIDANA DI DESA BENUA JINGAH KECAMATAN BARABAI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH," Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, vol. IV, pp. 545-557, 2014.

R. Machdi, "Bagaimana Hidup Saya Setelah Ini? Aspirasi Masa Depan Narapidana Aspirasi Masa Depan Narapidana," STUDI PEMUDA, vol. II, pp. 63-74, 2013.

B. Susilawati, "RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI LOWONGAN PEKERJAAN BERBASIS WEB," Cendikia, vol. XVI, pp. 135-139, 2018.

R. Pasaribu and D. Rahayu, "Perancangan Aplikasi Lowongan Kerja Berbasiskan Web Dengan Menggunakan Metode Waterfall," Semantika, pp. 75-80, 2017.

A. R. Rachman, Beny and E. Fernando, "Perancangan E-Commerce Berbasis Website Pada Toko Mirabella Batik Jambi," Jurnal PROCESSOR, vol. XII, no. 2, pp. 1102-1117, 2017.

Republic, "Republic," 2020. [Online]. Available: https://republic.co/70-million-jobs. [Accessed 4 September 2020].

E. Ali, Rekayasa Perangkat Lunak, 1st ed., Pekanbaru: CV MFA, 2019.

L. Setiyani, REKAYASA PERANGKAT LUNAK, Karawang: CV.Jatayu Catra Internusa, 2018.




DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v22i2.810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.