Aplikasi Media Pembelajaran Morfologi Bunga Berbasis Augmented Reality

Michel Wijaya, Stephen Leo, Nico Pratama Putra, Gunawan Gunawan, Irpan Adiputra Pardosi

Abstract


Biologi merupakan salah satu bidang ilmu dalam kurikulum pendidikan tingkat SMA dengan banyak istilah yang sulit dipahami oleh siswa, terutama pada topik mengenai bagian-bagian tumbuhan seperti bunga, hal ini disebabkan adanya perbedaan kondisi fisik saat diamati sehingga siswa mendapatkan gambaran yang berbeda. Selain itu, guru di sekolah masih hanya menggunakan metode dalam pengajarannya dengan menjelaskan materi kemudian siswa mengerjakan soal, jadi lebih berfokus ke penghafalan.

Dalam penelitian ini pengenalan bagian-bagian bunga diimplementasikan menjadi aplikasi berbasis mobile dan web yang dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan menjabarkan bagian dari bunga berbasis Augmented Reality (AR). Aplikasi mobile yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Java dan C#, sedangkan aplikasi web menggunakan CodeIgniter sebagai back-end dan Bootstrap sebagai front-end.

Dari hasil pengujian sistem didapatkan aplikasi pembelajaran morfologi bunga berbasis augmented reality dapat digunakan untuk mempermudah siswa dalam memahami bagian-bagian bunga beserta nama dan fungsinya, serta memudahkan guru dalam menyampaikan materi mengenai bagian-bagian bunga.


Keywords


Aplikasi Media Pembelajaran Morfologi Bunga, Augmented Reality, Biologi

Full Text:

PDF

References


M. Usmany, “PENERAPAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN STRATEGI PCP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 AMBON,” Biot. (Biologi Teknol. dan Kependidikan), vol. 7, no. 2, pp. 101–114, 2019.

N. A. Y. Firdos, E. Rudyatmi, and L. Herlina, “Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain Dengan Bantuan Media Foto Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan,” J. Biol. Educ., vol. 2, no. 2, 2013.

E. Sumiyati, “Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Vi Pada Pelajaran Pkn Sd Negeri 09 Kabawetan,” J. PGSD, vol. 10, no. 2, pp. 66–72, 2017.

L. Hakim, “Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality,” Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 21, no. 1, pp. 59–72, 2018.

M. A. Damara, Kustiono, and Sukirman, “Pengembangan Rancangan Pameran Virtual Berbasis Media Augmented Reality,” Indones. J. Curric. Educ. Technol. Stud., vol. 6, no. 1, pp. 33–40, 2018.

D. M. Nunditya, M. Somantri, and Y. Christyono, “Aplikasi Naturar Pengenalan Tanaman Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Bergerak Android,” TRANSIENT (Jurnal Ilm. Tek. ELEKTRO), vol. 6, 2017.

Xawi, “Plantale - Augmented Reality powered app to learn plant growth stages,” https://steemit.com, 2019. [Online]. Available: https://steemit.com/steemhunt/@xawi/plantale-augmented-reality-powered-app-to-learn-plant-growth-stages. [Accessed: 17-May-2020].




DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v22i2.811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.