Analisis Kepuasan Pemanfaatan Portal Akademik MIKA Mikroskil oleh Mahasiswa dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)

Albert Jirwanto, Alfeus Manihuruk, Syanti Irviantina, Felix Felix

Abstract


Portal akademik MIKA adalah sebuah sistem informasi berbentuk aplikasi web yang merupakan produk internal sistem informasi STMIK Mikroskil. Portal akademik MIKA merupakan sistem yang kompleks yang melibatkan banyak user (mahasiswa, dosen, dan pegawai) yang menggunakan portal akademik MIKA untuk kepentingan akademis yang berbeda-beda dan fitur yang dapat diakses juga berbeda-beda. Oleh sebab itu, maka sangat penting untuk mengukur tingkat kepuasan user terutama mahasiswa sebagai mayoritas user terhadap penggunaan portal akademik MIKA.

Dalam proses pengukuran kepuasan portal akademik MIKA Mikroskil akan diterapkan sebuah metode yaitu End User Computing Satisfaction (EUCS). Pada penelitian ini metode sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 96 responden.

Hasil penelitian dengan metode EUCS menunjukkan bahwa mahasiswa puas dengan isi ketepatan, bentuk, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu dalam pemanfaatan portal akademik MIKA Mikroskil. Faktor-faktor pada metode EUCS yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna adalah Accuracy, Ease of Use, dan Timeliness dimana Ease of Use lebih dominan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dibandingkan faktor-faktor lainnya. Sedangkan faktor-faktor metode EUCS yang tidak berpengaruh pada kepuasan pengguna adalah Content dan Format.

Keywords


Aplikasi Kepuasan Pengguna, Portal Akademik MIKA, Metode EUCS

Full Text:

PDF

References


S. Ellyusman and R. F. Hutami, "Analisis Kualitas Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA)," Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, vol. V, no. 1, pp. 49-62, 2017.

M. R. Kamal, T. Dyatmika and S. Bakhri, "Penerapan Metode End-User Computing Satisfaction Untuk Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning," IC-Tech, vol. XV, no. 1, pp. 7-14, 2020.

F. S. Bawardi, A. Rachmadi and N. H. Wardani, "Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Driver Ojek Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) (Studi Kasus: PT. XYZ)," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komputer, vol. III, no. 8, pp. 7694-7700, 2019.

I. Maulana, "Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna E-Learning Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction," Jurnal Media Aplikom, vol. XII, no. 2, pp. 7-17, 2020.

Badiyanto and Y. Murya, Project PHP: Membangun Sistem Informasi Akademik Dengan Framework Codeigniter, Yogyakarta: Langit Inspirasi, 2018.

M. R. Kamal, T. Dyatmika and S. Bakhri, "Penerapan Metode End-User Computing Satisfaction Untuk Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning," Jurnal IC-Tech, vol. XV, no. 1, pp. 7-14, 2020.

W. K. Putri and V. Pujani, "The influence of system quality, information quality, e-service quality and perceived value on Shopee consumer loyalty in Padang City," The International Technology Management Review, vol. VIII, no. 1, pp. 10-15, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: CV. Alfabeta, 2017.

W. J. Doll and G. Torkzadeh, "The Measurement of End-User Computing Satisfaction," MIS, vol. XII, no. 2, pp. 259-274, 1988.

S. Mulyani, Statistika untuk Ekonomi dan Bisnis, 4th ed., Jakarta: Mitra Wacana Media, 2017.

W. Sujarweni, Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi, Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2015.




DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v23i1.817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.