Pengembangan Aplikasi Seluler Pengelolaan Warung Kopi

Gerald Z. Panjaitan, Ria Agustin, Paulus Paulus, Catherine Catherine

Abstract


Kopi adalah komoditas yang menarik untuk dibicarakan, mulai dari budi daya hingga konsumsi, dari sekadar hobi hingga bisnis. Tidak heran jika warung kopi (kafe) bermunculan di mana-mana dalam beberapa tahun terakhir, baik yang tumbuh dan berkembang maupun yang hanya bertahan dalam waktu singkat. Penelitian ini dimaksudkan untuk menghasilkan solusi aplikasi seluler point of sale (POS) yang memudahkan operasional warung kopi sehingga pemilik dapat fokus pada kelangsungan dan pengembangan bisnis. Di sisi lain, solusi tersebut harus mengakomodasi keunikan warung kopi, bukan hanya sebuah restoran pada umumnya. Solusinya juga harus mudah diterapkan di aplikasi Android atau iOS dan komputer pribadi serta terjangkau untuk warung kopi. Tiga bagian aplikasi seluler, yang terdiri dari pelayan, dapur, dan admin, dikembangkan melalui proses berulang dan bertahap dengan metode Rapid Application Development (RAD), React Native, Express.js, dan MariaDB. POS kafe ini memfasilitasi tiga proses bisnis untuk mendukung operasional warung kopi dan membantu pemilik mengendalikan bisnisnya.

Keywords


aplikasi Android; aplikasi iOS; operasional warung kopi; POS kafe

Full Text:

PDF

References


Y. Pusparisa, "Produksi Kopi Indonesia Kalah dari Brazil dan Vietnam," Katadata, 13 Desember 2019. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/12/13/produksi-kopi-indonesia-kalah-dari-brazil-dan-vietnam. [Accessed 1 Mei 2021].

Y. Pusparisa, "10 Negara dengan Konsumsi Kopi Terbesar Dunia," Katadata, 13 Desember 2019. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/12/13/10-negara-dengan-konsumsi-kopi-terbesar-dunia. [Accessed 1 Mei 2021].

C. M. Annur, "Konsumsi Kopi Domestik di Indonesia Terus Meningkat selama 5 Tahun Terakhir," Katadata, 24 November 2020. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/24/konsumsi-kopi-domestik-di-indonesia-terus-meningkat-selama-5-tahun-terakhir. [Accessed 1 Mei 2021].

A. Kurniawan and M. R. Ridlo, "Perilaku Konsumtif Remaja Penikmat Warung Kopi," Jurnal Sosiologi DILEMA, vol. 32, no. 1, pp. 19-20, 2017.

Z. A. Al-Khanjari, Z. Alkindi, I. Al-Kindi and N. Kraiem, "Developing Educational Mobile Application Architecture using SOA," International Journal of Multimedia and Ubiquitous Engineering, vol. 10, no. 9, pp. 247-254, 2015.

S. Tilley and H. Rosenblatt, Systems Analysis and Design, 11 ed., Boston: Cengage Learning, 2017.




DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v22i2.839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.