Perbandingan Metode Pengambilan Keputusan pada Pemilihan Hotel Berbasis SAW dan TOPSIS

Erlanie Sufarnap, Sudarto -

Abstract


Dalam mencari hotel terbaik tentunya memiliki beberapa kendala dalam pencarian hotel berdasarkan kriteria yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mencari hotel yang sesuai dengan kebutuhan mereka dengan menggunakan metode SAW dan TOPSIS sebagai sarana untuk memudahkan pencarian hotel yang dapat menghitung nilai bobot dari tiap-tiap kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Adapun hasil eksperimen atau pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa untuk perangkingan alternatif A4 memiliki nilai terbesar sehingga menjadi alternatif terbaik di metode SAW dan TOPSIS A4 memiliki nilai terbesar sehingga menjadi alternatif terbaik. Untuk persentase perubahan perangkingan pada metode SAW sebesar 0,54 sedangkan untuk metode TOPSIS sebesar 0,342215202 pertambahan bobot 0,5 sedangkan untuk pertambahan bobot 1 untuk metode SAW sebesar 1,46 untuk TOPSIS sebesar 0,507599707.  Hasil perbandingan eksperimen ini menunjukkan bahwa hasil yang didapatkan metode SAW lebih besar daripada metode TOPSIS sehingga metode SAW menjadi metode yang relevan untuk menyelesaikan kasus seleksi pemilihan hotel.

Keywords


SAW, TOPSIS, MADM, Hotel

Full Text:

PDF

References


N. K. Sukerti, "Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Simple Additive Weighting Methode (SAW) dalam Merekomendasikan Objek Wisata di Pulau Nusa Penida" ,Seminar Nasional Royal (SENAR), pp93-98, 2018.

M. Mailasari," Model Multi Atribute Decision Making Metode Simple Additive Weighting dalam Penetuan Penerima Pinjaman",Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI no. 70, pp. 100–105, 2016.

M. N. Febriyati and R. Yunitarini, “Recruitment Warga Laboratorium Teknik Iinformatika di Universitas Trunojoyo Madura, Jurnal Simatec vol. 5, no. 3, pp. 133–142, 2016.

U.M.C.Program Studi Sistem Informasi FST, Studi Kasus Sistem Penunjang Keputusan membahas metode SAW dan TOPSIS. Malang, Seribu Bintang, 2018.

R. Roestam, “Analisis Perbandingan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan TOPSIS dalam Pemilihan Guru Teladan pada SMA NEGERI 4 SAROLANGUN", Jurnal Manajemen Sistem Informasi, vol. 3, no. 3, 2018.

D. F. Shiddieq, M. Kom, and E. Septyan, “Penilaian Kinerja Karyawan (Studi Kasus di PT.Grafindo Media Pratama Bandung)", Jurnal Komputer Bisnis vol. 10, no. 2, 2017.

Ikmah, "Sistem Pendukung Keputusan penentuan Hotel menggunakan Metod. Topsis", Jurnal DASI, vol. 18 No.4, 2017.

W. Yusnaeni and R. Ningsih, "Uji Sensitifitas Metode TOPSIS , SAW dan WP untuk Menentukan Pemilihan Suplier", Seminar Nasional Invovasi dan Tren (SNIT), Vol.1 No1, pp. 19–25, 2018.




DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v23i1.850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.