Analisis dan Perancangan Sistem Aplikasi Pengkasiran Digital (Point of Sales)

Widya Monica Pakpahan, Aidil Febrian, Putri Retning Jati, Sunaryo Winardi, Irpan Adiputra Pardosi

Abstract


Evolusi dunia bisnis mendorong perusahaan untuk selalu berusaha meningkatkan kualitas produk dan layanannya kepada konsumen. Penggunaan mesin kasir konvensional mulai tergantikan oleh sistem yang lebih modern yaitu sistem Point of Sale (POS) untuk menjalankan proses bisnis. Solusi bisnis ini diterapkan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif klien perusahaan mereka dalam hal efisiensi, efektivitas, kinerja, dan pengembangan bisnis. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu melakukan analisis dan perancangan aplikasi point of sale (POS) dengan tambahan sistem sales promotion berupa e-voucher yang diharapkan dapat menarik perhatian pelanggan dan mendapatkan pelanggan setia. Pembuatan aplikasi POS ini dimulai dengan mengumpulkan semua data yang dibutuhkan menggunakan metode observasi pada aplikasi sejenis, perancangan proses menggunakan activity diagram, perancangan tampilan dengan bantuan aplikasi Figma serta melakukan rancangan basis data menggunakan ERD. Dengan diterapkannya aplikasi point of sales (POS) dengan adanya sistem sales promotion berupa e-voucher ini dapat membantu perkembangan bisnis di masa depan, menarik lebih banyak calon pelanggan serta meningkatkan keuntungan.

Keywords


Point of Sale (POS), E-voucher, Activity diagram, ERD

Full Text:

PDF

References


H. Setiawan, R. Tanamal, and D. B. Tonara, “Implementasi Sistem Informasi Point of Sales dan Inventory Berbasis Web untuk Retail (UD. Mulia Jaya),” J. Manaj. Dan Bisnis Indones., vol. 2, no. 3, pp. 382–392, Jun. 2015, doi: 10.31843/jmbi.v2i3.62

R. Fadli, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KASIR POINT OF SALES (STUDI KASUS TERHADAP UMKM DI KOTA MALANG),” J. Ilm. Mhs. FEB, vol. 9, no. 1, Art. no. 1, Jan. 2021, Accessed: Apr. 09, 2022. [Online]. Available: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7088

“Point of Sales: Definisi dan Manfaatnya untuk Bisnis | KABAR RAFFLESIA.” https://kabarrafflesia.com/2020/04/point-of-sales-definisi-dan-manfaatnya-untuk-bisnis/ (accessed Apr. 09, 2022).

“Aplikasi Majoo Tawarkan Beragam Fitur Wirausaha,” Dunia Fintech, Sep. 13, 2021. https://duniafintech.com/aplikasi-majoo-tawarkan-beragam-fitur-wirausaha/ (accessed Apr. 09,

.

U. Prisillia, “PENERAPAN STRATEGI PROMOSI PADA MARKETPLACE INDONESIA”.

“Point of Sale Vouchers,” Bepoz. https://bepoz.com/feature/point-of-sale-vouchers/ (accessed Apr. 09, 2022).

D. Pranitasari and A. N. Sidqi, “Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee Menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius,” vol. 18, no. 02, p. 20, 2021.

“Q245: What’s the difference between coupons and vouchers?” https://www.planyo.com/faq.php?q=245 (accessed Apr. 09, 2022).

I. D. N. Times and R. Faradilla, “Analisis Sistem: Pengertian, Jenis dan Fungsinya,” IDN Times. https://www.idntimes.com/business/finance/rinda-faradilla/apa-itu-analisis-sistem (accessed Apr. 09, 2022).

R. I. Manopo, H. F. Wowor, and A. S. M. Lumenta, “Perancangan Aplikasi Help Desk Di UPT-TIK Unsrat,” J. Tek. Inform., vol. 8, no. 1, Jun. 2016, doi: 10.35793/jti.8.1.2016.12460.

S. Kom, M. Kom, and W. F. Wuni, “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TRACKING ACUAN QUALITY DEPARTEMEN BRUSHING BERBASIS WEB DI PT. INDOTAICHEN TEXTILE INDUSTRY,” p. 9, 2017.

R. S. Naibaho, “PERANAN DAN PERENCANAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERUSAHAAN,” p. 12, 2017.

L. Lutfiyah and A. Saryoko, “E-Marketplace Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Catering Untuk Wilayah Jakarta,” Paradig. - J. Komput. Dan Inform., vol. 23, no. 1, Mar. 2021, doi: 10.31294/p.v23i1.9121.

A. P. Putra, F. Andriyanto, and T. D. M. Harti, “PENGUJIAN APLIKASI POINT OF SALE BERBASIS WEB MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING,” p. 6.

S. A. Y. Anggara, Y. D. Chandra, M. S. D. Putra, and S. R. Wicaksono, “Analisis Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Point of Sale Nextar Menggunakan Metode Functional Point Analysis,” J. Ilmu Komput. Dan Teknol., vol. 1, no. 1, Art. no. 1, May 2020, doi: 10.35960/ikomti.v1i1.502.

M. Mulyana, “STRATEGI PROMOSI DAN KOMUNIKASI,” INA-Rxiv, preprint, Jun. 2019. doi: 10.31227/osf.io/v7dfr.

U. Desthiani and E. Ernawati, “PERAN PELAYANAN PRIMA KASIR TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT AEON INDONESIA TANGERANG,” J. Sekr. Univ. Pamulang, vol. 7, no. 1, p. 12, Jun. 2020, doi: 10.32493/skr.v7i1.4555.

A. S. Maulana, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. TOI,” vol. 7, p. 13, 2016.




DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v23i1.864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.