Perancangan Sistem Informasi Penjualan, Pembelian dan Persediaan Apotek Brandan

Veronica Lisdianto, Evander Tokindo, Djoni -, Culita -

Abstract


Apotek Brandan merupakan toko yang bergerak di bidang farmasi, namun umumnya semua proses dan aktivitas operasional belum terkomputerisasi dan hanya mengandalkan media buku dan kertas. Hal tersebut membuat data yang dimiliki menjadi kurang akurat dan memerlukan waktu untuk memproses semua informasi yang dibutuhkan. Kendala lain yang dimiliki adalah penentuan harga grosir dan ecer yang tidak efektif serta masa kadaluarsa yang tidak terpantau dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi penjualan, pembelian, persediaan pada Apotek. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah System Development Life Cycle (SDLC), bahasa pemograman untuk perancangan input sistem menggunakan Microsoft Visual Studio 2015, penyimpanan data menggunakan Microsoft SQL Server 2014, dan perancangan output menggunakan Crystal Report. Dan hasil dari perancangan sistem ini dapat menampilkan semua transaksi penjualan, pembelian, dan persediaan serta dapat menghasilkan laporan yang sesuai dengan kebutuhan Apotek Brandan.


Keywords


Apotek, SDLC, sistem informasi, persediaan, penjualan, pembelian

Full Text:

PDF

References


T. W. W. A. R. Fagasta, "Sistem Informasi Penjualan Dan Pembelian Obat Pada Apotek Nabila Care Bekasi," Jurnal Mahasiswa Bina Insani, vol. 2, no. 1, pp. 1-12, 2017.

E. Y. A. d. R. Irviani, Pengantar Sistem informasi, Yogyakarta: Andi Offset, 2017.

O. Purnamayudhia1 and E. B. Satoto, "Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Apotek," Jurnal Teknik Industri , vol. 4, no. 3, pp. 194-207, 2014.

F. Ibrahim, T. R. Agus and N. W. W. Sari, "Identifikasi Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia: A Systematic Literature Review," METIK, vol. 5, no. 1, pp. 47-54, 2021.

K. E. K. d. J. E. Kendall, System Analysis and Design NINTH EDITION, New Jersey: Pearson, 2014.

I. Irawan, "Sistem Informasi Manajemen Farmasi Apotik Rumah Sakit A.Yani Pekanbaru," Jurnal Teknik dan Informatika, vol. 6, no. 2, pp. 47-53, 2019.

A. R. Putri, A. Hafizhah, F. H. Rahmah, R. Muslikhah and S. Nabila, "Perancangan Sistem Informasi Penjualan Obat Online Pada Apotek Dara Berbasis Website," Jurnal AKRAB JUARA, vol. 6, no. 4, pp. 100-107, 2021.

L. Kurniawati and E. Pristanti, "Sistem Informasi Pembelian dan Penjualan Obat Pada Apotik Dengan Metode System Development Life Cycle," Information System For Educators and Professionals, vol. 3, no. 1, pp. 1 - 12, 2018.




DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v23i1.870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.