Evaluasi Pengalaman Mahasiswa Mikroskil pada Aplikasi OneDrive Menggunakan UEQ

Muhammad Aditya Pebrialdy Arswanda, Calvin Caesar, Jevon Sihombing, Andri Andri, Albert Prima Laia

Abstract


Cloud storage adalah layanan penyimpanan data berbasis online yang dapat diakses dengan menggunakan berbagai platform. Salah satu layanan cloud storage yang tersedia yaitu aplikasi OneDrive. Aplikasi yang baik tentunya harus memenuhi kebutuhan dari pengguna, sehingga perlu dilakukan identifikasi masalah terhadap pengalaman pengguna menggunakan kuesioner. Hasil dari identifikasi masalah dimana 44.9% (49 responden) mahasiswa Mikroskil menyatakan aplikasi OneDrive memiliki menu yang membingungkan serta fitur uploading data yang lambat. Terkadang error terjadi ketika melakukan proses uploading dan menyinkronkan berkas ke server serta penyimpanan yang disediakan secara gratis hanya 5GB. Berdasarkan hasil dari identifikasi masalah, evaluasi pengalaman pengguna perlu dilakukan dengan User Experience Questionnaire (UEQ). Metode ini memiliki 6 skala penilaian yaitu daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Dari hasil perbandingan antara evaluasi penelitian ini dengan data benchmark dari UEQ Data Analysis Tool versi 10 maka aplikasi OneDrive memberikan impresi yang cukup baik dari segi daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan dan stimulasi saat pengguna memanfaatkannya. Tetapi pengalaman pengguna terasa kurang impresif pada aspek kebaruan.

Keywords


Cloud Storage, OneDrive, User Experience Questionnaire

Full Text:

PDF

References


Microsoft OneDrive, https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-365/onedrive/compare-onedrive-plans?activetab=tab%3aprimaryr1, diakses tgl 02 November 2021.

Izabal, S. V., Aknuranda, I. dan z-Zahra, H. M., 2018, Evaluasi dan Perbaikan User Experience menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Focus Group Discussion (FGD) pada situs web filkom apps mahasiswa fakultas ilmu komputer universitas brawijaya, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol 2, No 9, p 3224 - 3232.

Maricar, M. A., Dian, P. dan Putri, D. R., 2021, Evaluasi pengguna slims pada e-library dengan menggunakan user experience questionnaire (ueq), Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), Vol 8, No 2, p 319-328.

Santoso, H.B., Schrepp, M., Isal, R.Y.K., Utomo, A.Y., and Priyogi, B., 2016, Measuring the User Experience, The Journal of Educators Online, vol 3, no. 1, p 58-79.

Nalendra, A. R. A., Rosalinah, Y., Priadi A., Subroto, I., Rahayuningsih, R., Lestari, R., Kusamandari, S., Yuliasari, R., Astuti, D., Latumahina, J., Purnomo, M. W. dan Zede, V. A., 2021, Statistika Seri Dasar dengan SPSS, CV. Media Sains Indonesia, Bandung.

Umar, R., Ifani, A. Z., Ammatulloh, F. I. dan Anggriani, M., Analisis sistem informasi web LSP UAD menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ), 2020, Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, Vol 4, No 2, p 173-178.

Wijaya, I. N. S. W., Santika, P. P., Iswara, I. B. A. I. dan Arsana, I. N. A., 2021, Analisis Pengalaman Pengguna PaTik Bali dengan Metode User Experience Questionanire (UEQ), Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol 8, no 2, p 217-226.

Jelantik, S. G. N. K. S. A., Satwika, I. P. dan Anggara, I. N. Y., Analisis Sistem Informasi Akademik STMIK Primakara menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ), 2019, Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, Vol 8, No 3, p 95-106.

Himawan, H. dan Yanuf, M., 2020, Interface User Experience, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UPN Veteran, Yogyakarta.

Panjaitan, D. J. dan Firmansyah, 2018, Pelatihan Pengolahan Data Statistik dengan Menggunakan SPSS, Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, Vol 1, No 1, p 38-45.

Yusup dan Febrianawati, 2018, Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif, Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol 7, No 1, p 17-23.

Amanda, L., Yanuar, F. dan Devianto, D., 2019, Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang, Jurnal Matematika UNAND, Vol 3, No 1, p 179-188.

Salehudin, M., Nurbayani, E. dan Toba, R., 2020, User Experience (UX) of Multimedia Program of Auto Play Media Studio for Teacher, International Journal of Education, Vol 5, No 2, p 111-121.

Henim, S. R. dan Sari, R. P., 2020, Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi menggunakan User Experience Questionnaire, Jurnal Politeknik Caltex Riau, Vol 6, No 1, p 69-78.

Windiarti, W. dan Sofyan, M., 2018, Analisis Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Kota Depok, Jurnal Ilmiah Ekbank, Vol 2, No 1, p 29-39.

Junaidi, R. dan Susanti, F., 2019, Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada UPTD Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, https://osf.io/preprints/inarxiv/bzq75/, Diakses tgl 13 November 2021.

Schrepp, M., 2019, User Experience Questionnaire Handbook Version 8, https://www.ueq-online.org/Material/Handbook.pdf, diakses tanggal 20 April 2022




DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v23i1.876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.