Perencanaan Strategis SI UMKM Kalangan Milenial Terrarium pada Cacti Life dengan Ward and Peppard

Elly Elly, Handoko Handoko

Abstract


Cacti Life adalah salah satu bisnis UMKM yang berhasil melihat peluang bisnis dalam menawarkan konsep tanaman hias dalam media transparan yang dikenal dengan sebutan Terrarium. Permasalahan yang dihadapi Cacti Life adalah belum ada rencana pengembangan sistem informasi yang terpusat. Proses operasional penjualan di Cacti Life masih mengandalkan e-commerce sejenis Shopee, layanan jaringan sosial media seperti Instagram dan Facebook. Pihak customer dapat menghubungi Cacti Life melalui informasi kontak pada media sosial. Meningkatkan keunggulan kompetitif dan memperbaiki daya saing UMKM khususnya pada Cacti Life menjadi tujuan utama dari penelitian ini. Mengingat bahwa UMKM ini masih berkembang, diperlukan perencanaan strategi SI/TI untuk membentuk proses bisnis yang lebih baik. Penelitian ini dimulai dari tahap identifikasi masalah, studi literatur, pengumpulan data, yang dilanjutkan dengan melakukan analisis menggunakan kerangka kerja Ward and Peppard dengan metode analisis Value Chain, Analisa SWOT, Analisa PEST, dan Analisa Strategic Grid McFarlan yang memberikan hasil berupa pemetaan strategi sistem informasi bisnis dan portofolio potensi aplikasi yang akan datang. Evaluasi penjabaran perencanaan strategis sistem informasi di Cacti Life menghasilkan perumusan visi, misi, tujuan, dan sasaran yang berkaitan dengan SI/TI, pembentukan struktur organisasi untuk masa mendatang, dan perumusan kebutuhan aplikasi dalam bentuk portofolio aplikasi yang akan diterapkan dalam Cacti Life.


Keywords


Perencanaan strategis sistem informasi; Ward and Peppard; Value Chain; SWOT; Strategic Grid McFarlan

Full Text:

PDF

References


E. C. C. Yobel and M. N. N. Sitokdana, "PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN WARD AND PEPPARD DI PERUSAHAAN PT PURA BARUTAMA (UNIT PM1O)," SEBATIK, vol. 24, no. 1, pp. 113-119, 2020.

A. Mutoriq, M. P. Perdana, M. W. Yasykur, A. Salsabila and K. Budiman, "Perencanaan Strategis Sistem Informasi pada UMKM Produk Herbal dengan Metode Ward and Peppard," REMIK (Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer), vol. 6, no. 2, pp. 94-104, 2022.

P. H. Saputra, H. Bone and I. Permatasari, "Peran Levers of Control Terhadap Hubungan Antara Perencanaan Strategis dan Kinerja UMKM," Business Innovation & Enterpreneurship Journal, vol. 1, no. 3, pp. 166-174, 2019.

Handoko, Catherine and Riche, "PENGUKURAN KINERJA TEKNOLOGI INFORMASI PERUSAHAAN ABC MENGGUNAKAN IT BALANCED SCORECARD DAN BTRIPPLEE FRAMEWORK," in KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), Medan, 2019.

J. Peppard and J. Ward, The Strategic Management of Information Systems: Building a Digital Strategy, Wiley; 4th edition, 2016.

Y. Firmansyah and D. Purwaningtias, "Tinjauan Metodologi Ward dan Peppard Dalam Menentukan Perencanaan Strategis SI/TI Pada Perusahan," CYBERNETICS, vol. 1, no. 2, pp. 70-82, 2017.

K. D. Febriyanti, F. Samopa and R. Ambarwati, "Strategic Planning for IS/IT of XYZ Internet Service Provider Using Ward and Peppard Method," in International Conference on Business and Management of Technology (IConBMT), Surabaya, 2019.

N. Q. Ain, S. A. Bambang, S. D. Ariatmanto and A. M. Wijaya, "Pendekatan Metode Ward And Peppard Untuk Perencanaan Strategis Sistem Informasi Lembaga Pelatihan XYZ," Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. Vol. 8, no. No. 4, pp. 1880-1895, Desember 2021.

T. Anwar and B. , "Perencanaan Strategis Sistem Informasi Studi Kasus: Balai Kesehatan Paru Masyarakat," in onference on Information Technology, Information System and Electrical Engineering (CITISEE), Purwokerto, 2017.




DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v23i2.889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.