Pengukuran dan Evaluasi Pengalaman Pengguna Aplikasi WhatsApp dan Telegram dengan Metode UEQ+ pada Mahasiswa Universitas Mikroskil

Desi Arisandy, Riche -, Julie Eva Shinta, Cindy Kalyana

Abstract


Aplikasi WhatsApp dan Telegram termasuk media messenger yang popular digunakan di dunia, termasuk Indonesia. Dalam pengamatan pada penelitian terdahulu dan pengamatan yang dilakukan dalam penelitian ini, kedua aplikasi ini mampu bertahan dalam peringkat 2 (dua) besar di Google Play Ranking Indonesia kategori communications. Pencapaian peringkat tersebut tentunya bersumber dari penilaian yang dilakukan oleh pengguna berdasarkan pengalaman pengguna dalam menggunakan kedua aplikasi tersebut. Pengalaman pengguna atau user experience merupakan bagian penting dalam meningkatkan kemudahan dan kepuasan pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan aplikasi. Banyak metode yang dapat digunakan untuk mengukur user experience, salah satunya adalah metode UEQ+ (User Experience Questionnaire Plus). UEQ+ memiliki kuesioner pengukuran sendiri yang telah diuji dan diakui dalam penelitian terkait user experience, sehingga metode ini dinilai mampu mengukur dengan tepat user experience pada aplikasi. Kuesioner dibagikan kepada 110 responden, dan hanya 96 yang dapat diolah. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan UEQ Plus Data Analysis Tool untuk membandingkan user experience WhatsApp dan Telegram. Dari semua item yang diukur dalam penelitian ini, didapatkan bahwa semua item yang diukur pada WhatsApp lebih unggul dari Telegram, kecuali pada item transparan yang lebih diungguli oleh Telegram.



Keywords


user experience; whatsApp; telegram; questionnaire; UEQ+

Full Text:

PDF

References


I. R. Rahadjeng, M. N. H. Siregar, and A. P.Windarto, “Pemanfaatan Sistem Keputusan Dalam Mengevaluasi Penentuan Aplikasi Chatting Terbaik Dengan Multi Factor Evaluation Process,” International Journal of Information Management, vol. 57. 2021. doi: 10.1016/j.ijinfomgt.2020.102225.

“Similiarweb | Most Popular Messanging Apps Around the Globe,” [Online]. Available: https://www.similarweb.com/corp/blog/research/market-research/worldwide-messaging-apps/ (Accessed Juli. 04, 2022)

“Google Play Store,” [Online]. Available: https://play.google.com/store/apps (Accessed Sep. 13, 2021).

“Apple App Store,” [Online]. Available: https://www.appstore.com/ (Accessed Sep. 13, 2021).

“AppBrain | Google Play Ranking: The Top Free Communication Apps in Indonesia ,” [Online]. Available: https://www.appbrain.com/stats/google-play-rankings/top_free/communication/id (Accessed September. 07, 2022)

“About Nielsen Norman Group: UX Training, Consulting, & Research,” Nielsen Norman Group. [Online]. Available: https://www.nngroup.com/about/ (Accessed: Nov. 04, 2021).

D. Norman and J. Nielsen, “The definition of user experience (UX),” Nielsen Norman Group. [Online]. Available: https://www.nngroup.com/articles/definition-user-experience/ (Accessed: Nov. 04, 2021).

A. Oron, “What is ux? and why we should call it digital architecture,” LinkedIn, Dec. 30, 2019. [Online]. Available: https://www.linkedin.com/pulse/what-ux-why-we-should-call-digital-architecture-amichai-oron?trk=public_profile_article_view (Accessed Nov. 04, 2021).

M. Schrepp and J. Thomaschewski, "Handbook for the modular extension of the User Experience Questionnaire", 2019.

“ISO 9241-210:2019(en), Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems,” [Online]. Available: https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:-210:ed1:v1:en (Accessed Nov. 04, 2021).

“COST | Towards the Integration of Transectorial IT Design and Evaluation,” [Online]. Available: https://www.cost.eu/actions/IC0904/ (Accessed Nov. 04, 2021).

A. Oron, “What is ux? and why we should call it digital architecture,” LinkedIn, Dec. 30, 2019. [Online]. Available: https://www.linkedin.com/pulse/what-ux-why-we-should-call-digital-architecture-amichai-oron?trk=public_profile_article_view (Accessed Nov. 04, 2021).

M. Schrepp and J. Thomaschewski, “Design and validation of a framework for the creation of User Experience Questionnaires,” International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, vol. 5, no. 7, 2019.




DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v23i2.892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.