JURNAL ANALISIS DAN PERANCANGAN MARKETPLACE PASAR TRADISIONAL KOTA MEDAN

Krismulia Wignya Satria, Indra Maruba Sitompul, Edmund Edmund, Syanti Irviantina, Frans Mikael Sinaga

Abstract


Pasar tradisional memiliki peran sentral dalam kehidupan masyarakat, menjadi tempat utama bagi proses jual beli untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok sehari-hari. Meskipun begitu, kegiatan pasar tradisional yang masih menggunakan metode konvensional mulai tergeser oleh sistem modern, khususnya dengan munculnya aplikasi e-marketplace untuk mempermudah proses transaksi jual beli barang. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dan perancangan aplikasi e-marketplace khususnya di Kota Medan. Dalam perancangan ini, dilakukan proses mengintegrasikan fitur tracking untuk memudahkan pemantauan pengiriman barang, serta menambahkan fitur verifikasi identitas pengguna guna memastikan kejelasan identitas dalam setiap transaksi di aplikasi e-marketplace. Proses analisis dan perancangan dimulai dengan pengumpulan data melalui observasi terhadap aplikasi serupa, perancangan proses menggunakan Diagram Activity, pembuatan tampilan mobile dengan bantuan aplikasi Figma, dan perancangan basis data menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD). Dengan adanya rancangan aplikasi e-marketplace untuk pasar tradisional di Kota Medan yang telah dilengkapi dengan sistem tracking, sistem verifikasi identitas, serta seluruh proses transaksi yang dijalankan secara digital, diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada pengguna dalam melakukan aktivitas jual-beli. Keberadaan fitur-fitur ini diharapkan juga dapat mempermudah pengembang sistem dalam melaksanakan proses implementasi

Keywords


Marketplace, Tracking, Activity diagram, ERD, Verifikasi Identitas

Full Text:

PDF

References


R. S. I. E. H. Naldi Sagala, "Marketplace Babelak (Barang Bekas Layak Pakai) Pada Mahasiswa Berbasis Web," Sifo Mikroskil (JSM), vol. 24, no. No 2, pp. 211-226, 2023.

D. M. Angkasawati, "Pengembangan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung di Pasar Tradisional Boyolangu Kec. Boyolangu Tulungagung," Publiciana: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, vol. 14, no. No 1, pp. 169-187, 2021.

N. P. D. Ubaidi, "Aplikasi Marketplace Batik Madura di Sentra Batik Pasar 17 Agustus Pamekasan," Jurnal Teknologi Informasi (JTI), vol. 4, no. No 2, pp. 292 - 302, 2020.

K. K. B. PEREKONOMIAN, "https://ekon.go.id," 24 Maret 2022. [Online]. Available: https://ekon.go.id/publikasi/detail/3951/menko-airlangga-pemanfaatanteknologi-digital-dalam-ekosistem-pasar-tradisional-untuk-tingkatkan-dayasaing-pedagang-dan-menjangkau-konsumen-baru-yang-lebih-luas. [Accessed 4 2023].

D. R. Hugh M. Pattison, E-Novation for Competitive Advantage in Collaborative Globalization : Technologiest for Emerging E-Business Strategies, United States of America: IGI Global, 2011.

F. Vidal, "https://www.shopery.com/insights/what-is-a-marketplace," https://www.shopery.com/, 20 4 2019. [Online]. Available: https://www.shopery.com/insights/what-is-a-marketplace. [Accessed 3 2 2024].

Kliklogistic, "https://kliklogistics.co.id/," KlikLogistc, [Online]. Available: https://kliklogistics.co.id/apa-itu-tracking-dalam-proses-pengiriman-barang/. [Accessed 12 1 2024].

C. V. R. X. M. P. A. F. a. A. L. E. Lopez-Lopez, "Towards a self-sufficient face verification system," Expert Systems with Applications, vol. 174, no. 114734, pp. 1-15, 15 July 2021.




DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v25i1.893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.