Sentimen Analisis Opini Pembeli pada Aplikasi Shopee Berbasis N-Gram Lexicon

Erlina Halim, Arwin Halim, Andriana Sunjaya, Novresia Sunjaya

Abstract


Perubahan perilaku konsumen dalam melakukan pembelian di e-commerce, telah mengubah cara konsumen dalam memutuskan membeli barang. Konsumen akan menilai berdasarkan gambar, rating dan opini dari pembeli sebelumnya. Namun konsumen harus membaca semua opini untuk mendapatkan hasil yang akurat. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menyediakan fitur pengolahan opini. Namun opini yang ditulis tidak terstruktur, terdapat kata yang tidak lengkap, emoticon, gambar, serta menggunakan kata tidak baku menjadi tantangan dalam mengolah opini. Corpus yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari penelitian sebelumnya yang berjumlah 124.606 dengan atribut yang tersedia yaitu itemname, date, starrate dan opini. Penambahan corpus dilakukan dengan membangun program untuk menarik data opini sebanyak 95.731 sehingga total opini yang diproses sebanyak 220.337. Proses ekstraksi opini menggunakan pendekatan lexicon dengan peningkatan penambahan proses opinion representation dan n-gram lexicon untuk menentukan arah sentimen. Peningkatan proses pre-processing dengan penerapan opinion representation berbasis Bahasa Indonesia pada kasus review e-commerce. Peningkatan klasifikasi dengan memperhatikan semantik kata dengan menerapkan n-gram. Opini hasil klasifikasi menghasilkan kelas positif, netral, dan negatif. Klasifikasi opini akan dibandingkan dengan klasifikasi rating untuk mengetahui tingkat keakuratan. Hasil dari evaluasi diperoleh akurasi sebesar 78%. Terjadi peningkatan akurasi sebesar 2% dibanding dengan ekstraksi opini tanpa adanya proses opinion representation dan n-gram.


Keywords


Opini Konsumen; Opinion Representation; N-Gram Lexicon; Klasifikasi

Full Text:

PDF

References


E. Mardiani, N. Rahmansyah and F. A. Rizky, "Perilaku Konsumen Terhadap E-Commerce Disaat Pandemi Covid 19 Di Shop And Travel," Jurnal Informatik, vol. 3, no. 16, Desember 2020.

E. Halim, R. Purba and Andri. , "Consumer Opinion Extraction Using Text Mining For Product Recommendations On E-Commerce," Indonesian Journal of Artificial Intelligence and Data Mining, vol. 4, no. 1, pp. 19-28, Maret 2021.

Mars and M. S. Goudier, "Big Data Analysis to Features Opinions Extraction od Customer," International Conference on Knowledge Based and Intelegent Information and Engineering Systems, KES2017, 6-8 September 2017, Marseille, France, p. 906–917, 2017.

T. V. O, S. Y and A. , "Labeling Analysis in the Classification of Product Review Sentiments by using Multinomial Naive Bayes Algorithm," Journal of Physics: Conference Series, 1192, p. 012036, 2019.

M. Yassine and H. Hajj, "A Framework for Emotion Mining from Text in Online Social Networks," in Proceedings - IEEE International Conference on Data Mining, ICDM, 2010.

H. e. a. Al-Rubaiee, "Techniques for Improving the Labelling Process of Sentiment Analysis in the Saudi Stock Market," International Journal of Advanced Computer Science and Applications, vol. 9, no. 3, 2018.

R. P. Nawangsari, R. Kusumaningrum and A. Wibowo, "Word 2Vec for Indonesian Sentiment Analysis towards Hotel Reviews: An Evaluation Study," International Conference on Computer Science and Computational Intelligence, vol. 4, pp. 360-366, 2019.

A. Dey, M. Jenamani and J. J. Thakkar, "Senti-N-Gram: An n-gram lexicon for sentiment analysis," Expert Systems With Applications, 2018.

S. R. De, "Sentiment analysis on product purchase through e commerce," International Journal of Scientific Research and Management, vol. 5, no. 6, pp. 5441-5444, 2017.

S. L. e. a. Addepalli, "A Proposed Framework for Measuring Customer Satisfaction and Product Recommendation for Ecommerce," International Journal of Computer Applications, vol. 138, no. 3, pp. 30-35, 2016.

A. Nurfalah and A. A. Suryani, "Analisis Sentimen Berbahasa Indonesia dengan Pendekatan Lexicon-Based Pada Media Sosial," Jurnal Masyarakat Informatika Indonesia, vol. 2, no. 1, pp. 1-8, 2017.

Informatikalogi, "Data Science/Text Mining," 2017. [Online]. Available: https://informatikalogi.com/text-preprocessing/. [Accessed Mei 2019].

S. Data Mining Untuk Klasifikasi dan Klasterisasi Data, Bandung: Informatika, 2019.




DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v23i2.896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.